View Single Post
Old 27th November 2014, 05:13 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2790
Posts: 383
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Talking Resep Roti Buaya Ala Betawi Enak Spesial

Roti buaya merupakan roti dengan bentuk mirip hewan yang kita kenal sangat buas yaitu buaya. Roti dengan ukuran yang sangat besar ini dengan bentuk buaya merupakan roti yang berasal dari Betawi. Biasanya roti buaya ini diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita ketika sedang melangsungkan acara pernikahan. Yang dibungkus dengan plastik yang besar kemudian dihias menggunakan pita.

Kalo bunda di rumah ada yang pengen bisa membuat roti buaya ini saya akan berbagi resepnya kepada bunda semua. Dulunya roti buaya ini hanya mempunyai satu macam varian rasa yaitu manis. Namun kini roti buaya bisa kita jumpai dengan berbagai macam varian rasa seiring perkembangan jaman. Seperti isi keju, coklat, ataupun perpaduan antara coklat dan keju didalamnya. Supaya nggak penasaran lagi dengan resep yang satu ini, langsung aja yuuk kita simak resep berikut ini

Resep Membuat Roti Buaya
Bahan:

Teping terigu protein tinggi 1,4 kg
Tepung terigu protein sedang 600 gram
Air es 550 ml
Gula pasir 400 gram
Susu cair 300 ml
Susu bubuk 100 gram
Ragi instan 40 gram
Soft alfaga 20 gram
Kuning telur 10 butir
Putih telur dari 2 butir telur
Margarine 150 gram
Mentega 150 gram
Buttersurb milky 100 gram
garam 30 gram
Bacom 20 gram

Bahan olesan:

Susu evaporated secukupnya
Mentega secukupnya

Cara Membuat Roti Buaya

Pertama siapkan wadah untuk membuat adonan. Campurkan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, air, es, gula pasir, susu cair, suus bubuk, ragi isntan, soft alga, kuning telur, dan juga putih telur. Campur semua bahan tersebut menjadi satu kemudian uleni sampai kalis.
Setelah itu tambahkan margarine, mentega, buttersub milky, garam, dan bacom sambil terus diuleni sampai adonan menjadi kalis. Setelah itu bulatkan adonan kemudian diamkan kurnag lebih sekitar 1/2 jam da biarkan hingga adonan mengembang menjadi 2 kali lebih besar.
Setelah itu kempiskan lagi adonan kemudian potong lalu timbang adonan sesuai dengan besar yang dikehendaki nantinya. Kemudian diamkan lago adonan selama 1/4 jam.
Selanjutnya gulung adonan kemudian bentuk menyerupai dengan seekor buaya. .
Setelah itu siapakan loyang kemudian olesi dengan margarine kemudian letakkan adonan diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarine. Diamkan adonan dalam loyang skeitar 1 jam lalu olesi dengan susu evaporated samapai rata.
setelah itu masukkan loyang kedalam oven lalu atur suhunya yaitu 190 derajat celcius, biarkan dalam oven sekitar 1/2 jam atau biarkan sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
Setelah itu angkat kemudian olesi dengen mentega dan bisa dihias sesuai dengan selera.


SUMBER: Kue Roti Buaya Ala Betawi
HeadlineNews is offline   Reply With Quote
Sponsored Links