View Single Post
Old 28th November 2014, 08:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Besarnya Potensi Panas Bumi & Biofuel Indonesia

Quote:
JAKARTA - Total panas bumi di Indonesia diperkirakan mencapai 28.617 megawatt (mw). Dan sampai saat ini, yang baru dimanfaatkan hanya 1.341 mw.

Senior Advisory Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, IB Putra Prathama, menjelaskan bahwa Indonesia masih kalah dibandingkan Filipina yang telah memanfaatkan 1.904 mw panas bumi mereka.

"Peluang Indonesia meningkatkan penggunaan panas bumi terbuka luas setelah pemerintah mengeluarkan Undang-undang No 21 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Panas Bumi," sebut Putra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (28/11/2014).


Sedangkan untuk biofuel, lanjut Putera, Indonesia mempunyai 11 spesies tanaman yang bisa diolah menjadi biomassa untuk menghasilkan biofuel seperti etanol dan metanol. “Sebagian besar dari spesies itu tidak terkait dengan tanaman pangan,” katanya.

Indonesia telah menyatakan komitmennya untuk menurunkan tingkat korbonisasi sampai 26 persen pada 2020 mendatang. Untuk mencapai target itu, sektor energi bisa berperan cukup besar dengan mendorong penggunaan sumber energi yang lama lingkungan dan management pengelolaan energi di berbagai tingkatan mulai dari sektor transportasi, industri, gedung-gedung, sampai rumah tangga.

“Meski bukan penyumbang terbesar terhadap karbonisasi atau emisi karbondioksida, sektor energi bisa berkontribusi cukup besar dengan menggalakan pemakaian sumber energi ramah lingkungan dan sumber energi terbarukan,” kata Mari.

Sementara itu, Putra mengatakan, peluang untuk menekan dekarbonisasi melalui sektor energi cukup tinggi, karena Indonesia mempunyai sumber energi ramah lingkungan yang sangat besar seperti geothermal atau panas bumi dan biofuel. “Kita terbesar di dunia,” kata Putra.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links