View Single Post
Old 28th November 2014, 08:43 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Indonesia Bisa Jadi Kiblat Pangan Dunia

Quote:
MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengaku optimis, Indonesia akan mampu menjadi negara yang kuat dari segi ketahanan pangan. Ia bahkan berkeyakinan, Indonesia akan menjadi kiblat pangan dunia di masa mendatang.

Menurut Erry, pencapaian tersebut bukanlah perkara yang terlalu sulit. Karena Indonesia telah diberkahi dengan tanah yang luar dan subur serta iklim yang mendukung, Namun semua itu hanya bisa diwujudkan, jika Indonesia mampu memaksimalkan seluruh potensi yang ada.

“Kalau dari sisi potensi, tidak ada yang semujur kita. Makanya ini harus dimaksimalkan. Harus diprioritaskan, mulai dari hulu sampai hilirnya. Kalau itu bisa kita lakukan, saya yakin ke depannya pangan dunia akan berkiblat pada kita,” jelas Erry.

Pemerintah menurut Erry, sangat sentral perannya dalam mewujudkan capaian tersebut. Seperti dalam penyediaan infrastruktur, sarana dan prasarana, serta menciptakan tata niaga komoditi pangan secara lebih baik.

“Soal tata niaga ini yang sering jadi masalah. Tata niaga produk pangan kita harus disempurnakan untuk menciptakan kestabilan produks dan harga. Pupuk, pestisida, insektisida dan obat tanaman tidak lagi boleh dipermainkan spekulan. Sehingga petani kita tidak dirugikan. Ini bentuk proteksi kita terhadap petani lokal, di tengah tantangan pasar global,”jelasnya.

Di Sumatera Utara sendiri disampaikan Erry, pihaknya akan terus meningkatkan target produksi pangan, khususnya padi. Di tahun ini, pihaknya menargetkan 3,8 juta ton. Sementara di tahun depan, target itu akan ditingkatkan, sesuai dengan tingkat proyeksi kebutuhan masyarakat.

“Kita targetkan tahun depan bisa maksimal produksinya. Bisa swasembada. Untuk itu, mulai tahun ini kita sudah siapkan perbaikan saluran irigasi, alat dukung tanam, bibit dan pembekalan keahlian tanam padi kepada petani,” tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links