View Single Post
Old 29th November 2014, 12:28 PM   #159
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Menkop UKM Berambisi Sejahterakan Keluarga Petani

Menkop UKM Berambisi Sejahterakan Keluarga Petani
http://economy.okezone.com/read/2014...eluarga-petani



Quote:
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki target yang diberikan kepada menteri-menteri di Kabinet Kerja. Salah satu menteri yakni Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang dipercaya menjabat sebagai menteri Koperasi dan UKM, membeberkan targetnya.
Salah satunya adalah bisa terkait swasembada pangan. Berikut adalah penjelasan Puspayoga kepada Okezone saat ditemui belum lama ini. Apa fokus pemerintahan Jokowi?

Target kita selain swasembada pangan, mensejahterakan masyarakat pesisir. Di pemerintahan ini, menteri sekarang ini harus bekerja sama, enggak bisa jalan sendiri-sendiri. Misalnya untuk swasembada pangan, Kementerian PU difokuskan membuat bendungan, irigasi, untuk mendukung swasembada pangan.

Kita tugas di Kemenkop, misal kaitannya dengan petani, petaninya urusan mentan, nah bagaimana kelurga si petaninya itu bagian kemenkop. Bagaimana keluarga petani memiliki nilai tambah. Kita lakukan pelatihan.

Pelatihannya seperti apa pak?

Itu beda-beda ya, tentu sesuai daerah masing-masing. Setelah dilatih, kita berikan modal maksimal Rp25 juta, ini yang kita lakukan. Fokus pada swasembada pangan.

Komandonya siapa pak ?

Ini sasarannya beda, masing-masing sudah punya fokus. Misal Kementerian PU fokus pada irigasi, bendungan, Kementan pada petaninya, kita menkop pada keluarganya.

Misalnya nelayan, nelayannya itu urusan KKP, nah keluarga nelayannya itu bagian Kemenkop. Jadi bagaimana caranya ketika si nelayan pulang tidak berhasil di laut membawa ikan, di rumah keluarganya bisa bertahan. Jadi harus saling bersinergi, enggak bisa sendiri-sendiri. Kalau Komandonya tetap di masing-masing kementerian.

Target swasembada pangan ?

Tiga tahun ditargetkan kita sudah swasembada pangan. Makanya dikerjakan secara bersama-sama, semua menteri berkoordinasi, enggak bisa kerja sendiri-sendiri.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote