View Single Post
Old 29th November 2014, 05:46 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Partai Oposisi Dukung Perintah Jokowi Tenggelamkan Kapal

Quote:



Jakarta, CNN Indonesia -- Fadli Zon, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang juga politisi Partai Gerindra mendukung instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menenggelamkan lima kapal asing yang melakukan pemancingan ilegal di perairan Laut Natuna, Kepulauan Riau. Fadli menyarankan pemerintah untuk bisa menerapkan kebijakan yang sama bagi kapal asing dari negara manapun, termasuk Malaysia, yang melintasi batas perairan Indonesia tanpa izin.

"Kalau misalnya pihak Malaysia melakukan hal yang sama ini kan bagian dari sikap resiprokal. Kalau kapal-kapal nelayan kita juga dibakar di Malaysia atau ditenggelamkan, ya kita juga bisa melakukan hal yang sama kalau ada di perairan kita," ucap Fadli di Jakarta, Sabtu (29/11).

Fadli menilai penenggelaman kapal merupakan tindakan tegas Jokowi untuk menjaga keamanan Indonesia. "Tentu tidak dengan orangnya ya, kapalnya saja. Itu bahaya kalau sama orangnya," ucap lulusan London School of Economics and Political Science, Inggris ini.

Namun, Fadli mengingatkan pemerintah untuk memastikan hukuman penenggelaman kapal juga berlaku di dunia kemaritiman internasional. Sehingga Indonesia tidak digugat oleh negara lain karena menerapkan kebijakan tersebut.

Merujuk Pasal 69 ayat (4) Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan, penyidik atau pengawas perikanan dapat melakukan tindakan khusus berupa pembakaran dan atau penenggelaman kapal perikanan yang berbendera asing berdasarkan bukti permulaan yang cukup.

Sebelumnya Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil mencokok kapal berbendera Indonesia dengan dokumen palsu bernama KM Natuna 99, KM Natuna 30, KM Natuna 25, KM Natuna 24, dan KM Natuna 23. Total anak buah kapal dalam lima kapal tersebut sebanyak 61 orang dan seluruhnya berkewarganegaraan Thailand.

Seluruh pelaut tersebut menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masih diamankan di kantor Stasiun Pengawasan Pontianak. Sebelumnya, Presiden Jokowi menginstruksikan penenggelaman kapal ilegal yang berpotensi merugikan negara.
sumber: http://www.cnnindonesia.com/nasional...gelamkan-kapal
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links