View Single Post
Old 30th November 2014, 03:28 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Ikatan Dai & Ulama se-Asia Tenggara Dideklarasikan di Depok


DEPOK - Para tokoh agama mendeklarasikan berdirinya Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara. Organisasi tersebut akan menjadi wadah silaturahim, konsolidasi dan sinergi para ulama dan dai serta untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan memaksimalkan dakwah.

“Juga sebagai wadah memperjuangkan kemaslahatan masyarakat muslim dan masyarakat lain pada umumnya di Asia Tenggara sehingga dapat membantu mencegah disintegrasi negara-negara di Asia Tenggara,” kata inisiator dan Ketua Umum Wahdah Islamiyah Indonesia Zaitun Rasmin, Depok, Sabtu (29/11/2014).

Ia menambahkan organisasi ini juga menjadi wadah umat Islam ASEAN untuk membenahi dan mencari solusi bagi setiap persoalan yang muncul di negeri umat Islam. "Kami akan memberikan solusi terbaik bagi umat Islam yang punya masalah domestik sekaligus meringankan beban penguasa/pemerintah setempat,” ungkapnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi terbentuknya Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara tersebut. MUI juga memaparkan soal khutbah Jumat dalam pertemuan tersebut. Pasalnya, Wakil Ketua MUI KH Maruf Amin mengakui adanya oknum-oknum pemuka agama, baik Islam maupun non-Islam, sesekali berceramah provokatif. "Larangan itu tidak harus diatur tapi dibatasi, baik khutbah Jumat di Masjid maupun khutbah Minggu di Gereja," ujarnya.

Dijelaskannya, khutbah Jumat berisi dakwah dimana setiap muslim yang mukmin diingatkan selalu tentang hubungan manusia dengan Sang Khalik & manusia untuk membentuk Rahmatan Lil Alamin. "Hal itu pula yang dirintis dalam deklarasi Ikatan Ulama/Dai se-ASEAN, yang diinisiasi Indonesia," ujarnya.

sumber: http://news.okezone.com/read/2014/11...sikan-di-depok
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links