View Single Post
Old 30th November 2014, 03:46 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Tari Padduppa Tampil, Penonton di Moskow Merekam


Quote:
TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW Tari Padduppa atau penjemput tamu membuka penampilan delegasi budaya dan seni Indonesia di ajang Moscow, Winter Bazaar 2014 di Radisson Hotel, Moskow, Rusia, Sabtu (29/11/2014).
Tidak dari balik panggung, seperti lima rombongan pementasan dari negara-negara Amerika Latin, Eropa, dan negara perserikatan Rusia, enam penari dan empat musisi justru naik panggung dari belakang penonton.
Suara pui-pui, alat musik tiup yang dimainkan Abdi "Cucut" Basith dari Sanggar Seni Aju Ara, membuat sekitar 600 penonton berbalik. Mereka surprise saat melihat Febriani Irma Putri, putri kadis pendidikan Kota Makassar Mahmud BM, menapaki tangga belakang theater.
Baju bodo hijau dan kilauan kain sutra dan hiasan kepala warna emas, kontan menjadikannya pusat perhatian penonton. Berderet tiga penari lain, Salsya Nurmaulidia, Nur Ainun Annisa, dan
Cristania Stevonda, dengan kostum yang sama, membuat puluhan penonton merekam aksi awal tari Padduppa dengan smartphone mereka.
Abdi Basith, sebagai pemimpi kelompok naik ke panggung lebih dulu. Lalu disusul Puput Syahbuddin,
Muhammad 'Kiki' Rezky dan Halide "Midun" Hasbi, mengekor di belakang.
Sebagai komposer, Abdi Basith, yang selama tiga tahun menetap di Moscow (2009-2011), sebagai guru seni di KBRI Moscow, memang sudah merancang pementasan di Moscow Winter Bazaar ke_36 ini berbeda.
Di sisi kanan panggung, di barisan kursi depan, Syahruddin Aris, sang koreografer dan penata artist, tegang menyaksikan pentas kedua anak didiknya di awal musim dingin Moscow ini. Pentas pertama di acara resmi penyambutan di KBRI Moscow, Rabu (27/11/2014) malam lalu.
Aris adalah guru seni di SMPN 33 Makassar. Ini kali kedua dia diikutkan dalam rombongan pemrntasan seni budaya Pemkot Makassar ke Moscow. Di samping Aris, sejumlah pejabat Pemkot Makassar dari Dikbud dan Dinas Pariwisata, tak kalah tegangnya. Mereka membaur dengan sekitar 30-an diplomat RI, staf, dan keluarga besarnya.
Secara umum, pementasan 10 duta budaya dan seni asal Kota Daeng ini, mengundang tepuk tangan panjang penonton yang didomiNasi diplomat dan keluarga ekalspatriat dari sekitar 100 negara dunia di Rusia.
"Hebat, saya ke belakang dulu beri ucapan selamat kepada para penari kita," kata Dubes RI untuk Rusia dan Belarus Djauhari Oratmangun (54) dari kursi nomor 461 Auditorium Theater Hotel Radisson. Pujian dan harapan juga datang dari pejabat pemkot.
"Sejauh ini, penampilan anak-anak tak mengecewakanlah,.dan sesuai rencana, semoga Makassar tertanam di ingatan penonton," kata Kabid Kebudayaan Dikbud Kota Makassar Rina Msi, usai pementasan.
Usai pementasan Kadis Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid, Kepala Badan Perizinan Pemkot Makassar Najmah Emma, dan dua kasie di kantor kebudayaaan Kota Andi Nilam Saleh dan Andi Rismawati Saleh juga tak bisa menyembunyikan pujiannya. Hari Minggu (30/11) besok, rombongan delegasi Budaya Kota Makassar akan bertolak ke timur Moscow, Kota Oryel.
Di kota yang berjarak sekitar 410 km dari ibu kota Rusia ini, rombongan juga akan menghadiri acara penandatanganan MoU Sister City Makassar-Oryel yang digagas oleh Yayasan Makassar di Oryel.
Di kota industri tambang minyak dan mineral Rusia yang berbatasan dengan Rumania dan Ukraina ini, rombongan akan ikut peringatan hari Pahlawan dan acara makan malam resmi dengan Gubernur dan Wali Kota Oryel.
sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2...moskow-merekam
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links