View Single Post
Old 30th November 2014, 06:33 PM   #172
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Perbankan RI Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Perbankan RI Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
http://ekbis.sindonews.com/read/9309...iri-1417340746



Quote:
JAKARTA - Maraknya kehadiran bank asing di Indonesia ‎mengharuskan perbankan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Ketua Umum Perhimpunan Bank-BankNasional (Perbanas) Sigit Pramono‎ mengatakan, menyangkut kepemilikan bank asing di perbankan nasional, sebaiknya tidak hanya sekedar retorika politik yang diributkan secara musiman.

Menurutnya, harus ada langkah nyata agar perbankan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri, seperti Peraturan Pemerintah No 29/1999 harus dicabut. Pasalnya, selama pertauran ini masih berlaku, maka Indonesia tidak bisa mencegah jika bank nasional akhirnya jatuh ke tangan asing.

Kemudian, Indonesia harus menyusun kembali visi, misi, dan aristektur perbankan nasional di masa depan, serta harus merevisi undang-undang perbankan.

Selain pengaturan kepemilikan, dia menilai, Indonesia juga harus mampu membuat kebijakan yang dapat memanfaatkan kehadiran bank-bank asing secara optimal guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Selanjutnya, Bank Indonesia (BI) atau pemerintah segera memberlakukan ketentuan yang mewajibkan cabang bank asing menjadi perusahaan yang berbadan hukum di Indonesia.

"Sebenarnya tidak ada serbuan bank asing di Indonesia dan kehadiran bank asing bukan tanggung jawab Jokowi karena memang mereka sudah lama. Namun, kehadiran bank asing harus jadi alarm untuk membesarkan bank-bank kita," kata Sigit kepada wartawan di Jakarta akhir pekan ini.

Harus diakui, dia menjelaskan bahwa sampai kapanpun dalam era globalisasi, tekanan asing untuk mendominasi pasar domestik Indonesia akan tetap ada.

Saat ini, peraturan perbankan masih sangat terbuka dan terlalu memudahkan bank asing untuk masuk dan tumbuh di dalam negeri, tetapi tidak sebaliknya.

Karena itu, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya peraturan seperti UU, PBI dan lain-lain yang bertujuan untuk melindungi sektor strategis dalam negeri (pangan, energi, dan keuangan). Selain berupa peraturan, konsolidasi BUMN juga mutlak diperlukan.

"Saat ini‎, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN memiliki aset sekitar 38% dari total aset perbankan nasional," ungkapnya.‎
nonasakamoto is offline   Reply With Quote