View Single Post
Old 1st December 2014, 10:30 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Konsumen Takut Bikin Harga Jual Rumah Kosong Merosot




Harga properti terus beranjak naik, namun tidak berlaku bagi rumah kosong alias tak berpenghuni. Di sinilah peran pengembang untuk menghidupkan kompleks perumahan yang dibangunnya supaya lebih mudah menjual dengan harga tinggi.

Konsultan Trimegah Securities, Timothy Alamsyah mengatakan, aturan loan to value (LTV) dari Bank Indonesia mampu mengerem laju kenaikan harga properti yang terlalu liar.

"Gerak spekulan properti dibatasi supaya harganya wajar untuk pembeli. Makanya harga rumah kosong yang nggak berpenghuni di kompleks nggak terlalu bagus. Justru kalau ada orangnya, bagus untuk kenaikan harga rumah itu," ungkap dia kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (30/11/2014).

Menurut Timothy, lebih sulit menjual rumah kosong di sebuah kompleks hunian. Pasalnya, lanjut dia, calon pembeli menilai rumah atau kompleks tersebut tidak aman dan agak horor untuk ditinggali.

"Anda mau nggak tinggal di kompleks yang isinya kosong? Makanya harga jual rumah kosong menurun karena nggak mau tinggal di sana lantaran nggak aman, kayak tinggal di kota hantu. Jadi pembeli ingin yang ramai, hidup, ada trafik dan lainnya," kata dia.


sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links