View Single Post
Old 2nd December 2014, 07:51 PM   #185
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Bali Harus Jadi Pioner Handycraft & Mebel

Bali Harus Jadi Pioner Handycraft & Mebel
http://economy.okezone.com/read/2014...ndycraft-mebel



Quote:
JAKARTA - Produk-produk buatan tangan asal (handycraft) milik Indonesia memang memiliki kualitas yang cukup baik. Sebut saja Bali, yang memiliki kualitas bagus dan bisa terus dikembangkan lagi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menyebutkan, Bali harus menjadi tempat acuan para turis untuk melihat kualitas produk buatan tangan Indonesia. Oleh karenanya, produk yang dibuat harus sesuai dengan standar internasional.

"Bali harus menjadi pioner terdepan dalam menerapkan tertib ukur, karena banyak turis yang datang, Kalau kita bicara kualitas kita bicara tertib ukur," kata Rachmat di Balai Budaya Bali, Selasa (2/12/2014). Sebagai fasilitas dari pemrintah, maka Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK) atau sertifikat untuk barang-barang yang terbuat dari kayu, agar standarisasinya sesuai. "Yang dijual masyarakat Bali merupakan produk berkualitas, dan tidak ada duanya, tetapi mengenai standarisasi harus dibuatkan," tambahnya.

Menurut dia, produk handycraft dan juga mebel dapat digaungkan sama halnya seperti batik yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia. "Dan ini adalah kekuatan produk kita karena dilandasi dengan budaya, dari budayalah membuat produk yang berkualitas," pungkasnya.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote