View Single Post
Old 2nd December 2014, 07:57 PM   #187
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default BPK: Laporan Keuangan Pemerintah Banyak yang Naik Kelas

BPK: Laporan Keuangan Pemerintah Banyak yang Naik Kelas
http://economy.okezone.com/read/2014...ang-naik-kelas



Quote:
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah banyak mengalami kemajuan. Ini ditandai dengan perolehan opini auditor yang semakin baik, terutama opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
"Secara umum, kualitas laporan keuangan pemerintah makin meningkat yang terlihat dari perolehan opini WTP yang makin banyak di tahun 2013," kata Ketua BPK Harry Azhar Azis saat melaporkan hasil pemeriksaan semester I di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Selasa (02/12/2014).

Dalam pemeriksaan tersebut, BPK memberikan opini WTP atas 64 Laporan Keuangan Kementerian Negara dan Lembaga (LKKL), opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas 19 LKKL termasuk Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LK BUN) dan opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP) pada 3 LKKL.

Sementara itu untuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), BPK memberikan opini WDP. "Untuk laporan keuangan pemerintah daerah paling banyak opini WDP sebanyak 276," tambah dia.

Menurutnya, hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah, menunjukkan peningkatan jumlah entitas yang memperoleh opini WTP selama lima tahun terakhir.

Selain itu, terdapat masalah yang menghambat perolehan opini WTP antara lain karena kelemahan pengelolaan aset tetap yang tidak didukung dengan pencatatan dan pelaporan yang memadai, penatausahaan kas tidak sesuai dengan ketentuan, penatausahaan persediaan tidak memadai serta pelaksanaan belanja modal dan barang tidak sesuai dengan ketentuan.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote