View Single Post
Old 3rd December 2014, 03:52 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Wisata Paralayang di Gunung Haruman Garut


Quote:
Garut sebuah kota kecil diselatan Jawa Barat terkenal dengan sebutan Swiss Van Java karena kota ini dikeliling banyak gunung. Bukan hanya Gunung Sadahurip, tapi ada salah satu gunung yang memagari kota garut yang menarik untuk di kunjungi serta meiliki banyak misteri sejarah di dalamnya.
Gunung tersebut adalah Gunung Haruman. Gunung Haruman menjadi salah satu wisata yang wajib untuk di kunjungi, terutama bagi sobat yang memiliki hobi Paraglading atau Paralayang. Gunung dengan ketinggian 1300 mdpl ini dianggap cocok untuk Paraglading. Saya masih ingat, saat saya berumur 6 tahun atau sekitar tahu 1996 melakukan pendakian pertama saya menaklukan puncak Gunung Haruman.Banyak Paralayangng dari berbagai daerah, bahkan dari manca negara. Setiap hari Sabtu dan Minggu paralayang memenuhi langit serta terlihat jelas dari halam rumah nenek.Namun sekarang sudah sangat jarang, bahkan setiap kali berkunung ke rumah nenek tidak ku lihat satupun Paralayang yang mengudara.

Gunung Haruman berada di Desa Haruman Sari tepatnya berada di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut Jawa Barat yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1jam dari pusat Kota Garut. Saya kenal betul dengan gunung ini. Saya habiskan masa kanak-kanak saya bermain di gunung ini. Sebagian masyarakat yang berada di bawah kaki Gunung Haruman menggantungkan hidupnya di gunung ini. Sumber airnya juga sangat dibutuhkan untuk minum, memasak, mencuci dan lain-lain.

Di kaki Gunung Haruman ditemukan adanya bukti sejarah berupa batu kepala kuda. Masyarakat meyakini bahwa batu tersebut merupakan peninggalan dari Prabu Kiansantang. Tapi kalau menurut kajian historis sejarah, para ahli menagatakan bahwa batu tersebut merupakan batu megalitik yang merupakan peninggalan masa pra-sejarah. Batu tersebut berbentuk mirip kepala kuda dengan kondisi masih kasar dan digunakan sebagai tempat pemujaan masyarakat pada masa pra-sejarah. kebudayaan tersebut terus berlanjut hingga kini. Selain itu, ditemukan juga beberapa bukti lainnya seperti adanya jejak sejarah Islam berupa makam yaitu makam Syeh Jafar Sidik, yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di kaki gunung Haruman. “Makam tersebut hingga saat ini masih terpelihara dengan baik,”

Gunung Haruman menjadi salah satu gunung yang meiliki misteri di Kabupaten Garut, selain Gunung Kaledong dan Gunung Sudahurip yang diyakini menyimpan benda bersejarah berupa piramida yang usianya diperkirakan lebih tua dari piramida Giza. Terlepas dari semua itu wisata Paralayng Gunung Haruman patut sobat andventure coba. Buktikan nyali sobat jika sobat benar-benar memiliki keberanian dan berjiwa petualang berani dengan tantangan menaklukan alam untuk menghadirkan sensasi yang tak terhinggaerta Menikmati keindahan kota Garut dari atas Gunung Haruman dengan bermanuver dan berkeliling di udara.
sumber: http://www.sobatadventure.com/2014/1...-dalamnya.html
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links