View Single Post
Old 3rd December 2014, 07:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default PLN Mulai Bangun PLTA Jatigede 2x55 Mw Tahun Depan

Quote:
JAKARTA - PT PLN (Persero) akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede dengan kapasitas 2x55 megawatt (mw) yang terletak di Kecamatan Tomo dan Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa barat. Hal ini seiring Waduk Jatigede yang mulai dialiri air pada tahun 2015.

Seperti dilansir dalam keterangan tertulis perseroan, Jakarta, Selasa (2/12/2014), PLTA ini akan memanfaatkan Waduk Jatigede yang dibangun oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Rencananya PLTA Jatigede ini akan dibangun pada awal tahun 2015 dan akan beroperasi Commercional Operation Date (COD) pada tahun 2018.

Indonesia memiliki potensi air yang besar. Berdasarkan Hydropower Potential Study, potensi tenaga air di Indonesia terdapat 75.000 mw, setelah dilakukan proses penyaringan terdapat 25.600 mw yang layak untuk dikembangkan.


Saat ini baru berkisar 4.000 mw (6 persen dari potensi PLTA) yang telah dimanfaafkan, dan dalam waktu sepuluh tahun kedepan direncanakan akan dibangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebesar 6.300 mw, baik oleh PLN, pemerintah maupun pengembang listrik swasta.

Sejak tahun 2011 Pemerintah dan PT PLN (Persero) telah menyusun “Masterplan Hydro Power” yang merekomendasikan pengembangan pembangkit tenaga air dengan total kapasitas sebesar 12.900 mw untuk dikembangkan sampai tahun 2027.

Pemanfaatan sumber energi terbarukan melalui pembangunan PLTA selain membantu PLN dalam memenuhi kebutuhan konsumsi energi listrik yang diproyeksikan akan terus meningkat sangat tinggi sebesar rata-rata 9 persen per tahun.

Pembangunan PLTA ini juga akan membantu upaya verifikasi energi dan konservasi sumber energi primer, memperbaiki bauran energi, mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Usaha mengoptimalisasikan sumber daya air melalui bendungan besar merupakan bagian dari upaya membantu membangun ketenagalistrikan yang bersumber dari energi baru dan terbarukan, alternatif selain BBM.

Sekedar informasi, Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah waduk Jatiluhur Purwakarta dan terbesar di Asia Tenggara.

Waduk Jatigede dibangun dengan menelan dana sebesar Rp1,15 triliun, Total KK yang terkena proyek sebanyak 11.469 KK dengan Luas lahan sekitar 4.983 hektare. Rencananya waduk Jatigede ini akan mulai dialiri air pada bulan Juli 2015.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links