View Single Post
Old 3rd December 2014, 09:46 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Genjot Pajak, Pemerintah Harus Tegas Tertibkan PPh Pribadi




Pengamat Perpajakan dari Universitas Indonesia (UI) Darussalam mendukung langkah pemerintah menggenjot penerimaan pajak dari kaum profesional, tapi harus dibarengi dengan langkah-langkah yang pas dalam menggenjot penerimaan pajak di 2015.

"Jadi selama ini penyumbang penerimaan pajak terbesar dari Pajak Penghasilan (PPh). Tapi kebanyakan PPh pribadi yang banyak terjadi penyimpangan. Dengan terjadi hal itu, pemerintah harus punya langkah yang pas untuk menertibkan penyimpangan di PPh pribadi," ujar Darussalam, kepada Metrotvnews.com, Selasa (2/12/2014).

Dia menjelaskan, salah satu cara menertibkan PPh pribadi agar patuh terhadap pajak yaitu melakukan pemeriksaan langsung kepada PPh pribadi seperti profesi artis, dokter, pengacara, konsultan, dan lainnya.

"Bisa saja pemeriksaan kepada manajer artis yang meng-handle uangnya artis, bisa ditanya pendapatan yang didapatkan sebulan dan dalam sebulan berapa dana pajak yang telah dibayar," tegasnya.

Menurut Darussalam, langkah ini bisa dilakukan kepada profesi tersebut, sehingga target pajak untuk tahun depan bisa tercapai dengan baik.

"Memang mereka mengaku sudah ada yang kena potong untuk pajak, tapi kita enggak tahu kan berapa dana pajak yang sudah dibayarkan. Pengetatan ini yang harus dilakukan, agar mereka patuh terhadap pajak yang dibayarkan tiap bulannya. Jangan sampai penghasilan besar, tapi dana pajak yang dibayarkan sangat kecil," tutupnya.

Sekadar informasi, pemerintah dalam RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 telah menetapkan sebesar Rp1.370,8 triliun, atau naik 10 persen dari target APBNP 2014 sebesar Rp1.246,1 triliun.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links