View Single Post
Old 3rd December 2014, 09:56 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Bengkulu Harus Berani Hentikan Ekspor Bahan Baku




Untuk menekan agka inflasi dan meningkatkan perekonomian lokal, Pemerintah Daerah Bengkulu harus berani menghentikan ekspor bahan baku sektor perkebunan dan pertambangan.

Deputi bidang keuangan dan moneter Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Christine R Sidabutar mengatakan, ekspor bahan baku sangat merugikan daerah penghasil.

Khusus Bengkulu, ekspor utama bidang pertambangan adalah batu bara dan sektor perkebunan adalah miyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) dan karet mentah.

"Sebaiknya dibangun industri produk turunan agar ekspor hulu tidak dilakukan lagi untuk meningkatkan nilai barang atau credit value," ujar Christine di Bengkulu (2/11/2014).

Untuk membangun industri hilir itu, kata Christine, harus ada jaminan keamanan investasi temasuk pembenahan infrastruktur pendukung.

Praktisi ekonomi asal Australia Stephen Flynn merasa heran dengan roda pertumbuhan ekonomi sektor industri di Indonesia yang menumpuk di pulau Jawa saja.

Seharusnya di Bengkulu dibangun industri skala besar, karena bahan baku sangat berlimpah untuk mendukung industri itu dan memangkas biaya produksi jika bahan baku itu dikirim ke pabrik di pulau jawa.

Khusus batu bara harus dibangun pabrik pemurnian atau smelter, sedangkan CPO bisa diolah menjadi 14 macam produk turunan seperti minyak goreng dan sabun.

"Infrastruktur Bengkulu sangat mendukung, pelabuhan yang langsung menghadap samudra hindia dan bandara yang bagus," demikian Stephen Flynn.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links