View Single Post
Old 7th December 2014, 08:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default BBM Naik? Ini Trik Mengontrol Keuangan Bulanan

Quote:
JAKARTA Belum habis bulan, namun gaji sudah ludes. Fenomena itu banyak dirasakan setelah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Mengontrol jumlah pengeluaran setiap bulannya merupakan hal yang sangat penting, jangan sampai uang tersebut habis tanpa Anda diketahui untuk apa. Terlebih saat ini harga-harga semua naik. Tentunya Anda perlu mengontrol dan melakukan penghematan dengan cara mengurangi pengeluaran.


Berikut merupakan tips yang dilansir dari budgeting.about.com, untuk memastikan pengeluaran dan mengalokasikannya dengan benar.

1. Uang Jajan

Anda harus memasukan list "uang jajan" dalam daftar alokasi keuangan Anda. Karena pasti Anda terkadang ingin "jajan" seperti misalnya ingin beli majalah. Atau tiba-tiba sangat ingin minum kopi, ketika meenemukan coffee shop.

"Uang Jajan" memang harus masuk dalam list Anda. Tapi tolong jangan terlalu besar pengalokasiannya, karena lebih baik dialokasikan untuk list yang lain.



2. Hiburan

Anda juga harus menyisihkan uang untuk hal-hal seperti makan di luar, nonton film, atau sekedar minum dengan teman-teman Anda. Anda harus berhati-hati dalam hal ini, karena bisa jadi untuk kategori ini Anda bisa sangat royal tanpa rasa menyesal sedikit pun.

3. Pakaian

Jika Anda bukanlah Shopa Holic, mungkin Anda bisa mengabaikan kategori ini. Tapi kebanyakan orang pasti berbelanja, walaupun hanya sekedar beli kaos. Apapun pengeluaran Anda pada kategori pakaian, pastikan untuk memasukannya dalam list pengeluaran Anda. Anda bisa menjatahkan untuk list ini dalam jumlah tertentu setiap bulannya.

4. Langganan

Sangat mudah memang mengingat pengeluaran bulanan, tetapi untuk hal-hal seperti langganan majalah atau menjadi member gym sering diabaikan. Anda tidak bisa mengabaikan itu karena itu keluar juga dari dompet Anda.

5. Pembayaran Non Bulanan

Jangan lupakan juga pengeluaran wajib yang bukan bulanan, seperti pembayaran pajak mobil atau motor, pembayaran tagihan kartu kredit tahunan, dan pembayaran lainnya. Pastikan Anda menyiapkan dana untuk hal itu.

6. Hadiah / Waktu Spesial

Ulang tahun, hari raya ataupun hari lubur pasti muncul setiap tahunnya. Anda juga harus menyiapkan dana untuk seperti itu. Jangan sampai mengeluarkan dana dadakan untuk hal-hal semacam itu.

7. Perawatan Rumah

Anda harus menyiapkan dana untuk biaya pemeliharaan rumah yang bisa diprediksi. Anda pasti tahu harus mengecat kembali rumah Anda, menyuci karpet, ataupun memperbaharui perabotan rumah Anda.

8. Hewan Peliharaan

Jika Anda pecinta hewan, jangan lupakan sahabat berbulu Anda itu membutuhkan makan dan perawatan yang membutuhkan biaya juga.

9. Akomodasi

Anda harus anggarkan untuk biaya sehari-hari untuk bensin kendaraan Anda. Jika Anda pengguna kendaraan umum, sisihkan juga biayanya. Termasuk juga jika Anda ingin sekedar mengunjungi orangtua ataupun sanak saudara lainnya.

10. Tabungan

Terakhir tapi yang paling penting adalah menyisihkan uang Anda untuk menabung sebelum mengalokasikan kebutuhan bulanan. Banyak orang yang berpikir bahwa mereka memiliki uang yang lebih untuk ditabungkan. Tapi kenyataannya malah uangnya pas-pasan, bahkan tidak cukup untuk menutupi biaya bulanannya. Anda harus menyisihkan untuk menabung sejak awal gajian.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links