View Single Post
Old 9th December 2014, 09:23 PM   #258
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Ini Tantangan Perekonomian 2015 versi Bank Indonesia

Ini Tantangan Perekonomian 2015 versi Bank Indonesia
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...bank-indonesia



Quote:
TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, menyebutkan perekonomian Indonesia masih akan dihantui bayangan perlambatan tahun depan. Hal tersebut menyusul rencana kenaikan tingkat suku bunga Bank Sentral Amerika (The Fed) yang mau tidak mau akan berimbas pada kondisi moneter secara global.
Ia mengatakan, perbaikan perekonomian Amerika sangat ‎memungkinkan negara-negara maju untuk mengalami perlambatan. Saat ini Indonesia, Eropa dan Tiongkok diminta mewaspadai dampak kesulitan ekonomi dunia ini dengan berbagai baluran kebijakan terutama dari sisi tekanan defisit transaksi berjalan dengan memperkuat fundamental perekonomian dalam negeri.
Namun Agus masih optimistis pertumbuhan ekonomi ke depan bisa mengalami perbaikan yang signifikan di kisaran 5,4-5,8 persen.
Tantangan lain, kata Agus, berlanjutnya pelemahan rupiah dan prediksi inflasi yang masih bergerak melakukan stabilisasi pasca kenaikan bahan bakar minyak. "Yang dibutuhkan saat ini adalah dukungan seluruh pihak, terkait pertumbuhan perekonomian dalam negeri baik melalui penganggaran yang sehat, dan mencegah peningkatan utang luar negeri agar nilai nilai tukar mata uang bisa lebih baik," jelasnya.
Kemudian di sektor keuangan, perbankan masih kurang mengoptimalkan diversifikasi dan peran pasar modal sebagai sumber pembiayaan.
Maka dari itu secara makroprudensial, Agus meminta industri keuangan bisa membuat pendalaman pasar uang dan memberi kesempatan bank untuk redefinisi Loan Deposit Ratio (LDR) yang sebelumnya hanya mengandalkan giro, tabungan dan deposito saja.
Menurut dia, LDR bank sudah cukup tinggi karena dunia usaha memang sedang bergairah sehingga bank harus pula memiliki instrumen lain melakukan penyeimbangan seperti mengalihkan ke saham, pasar uang maupun obligasi.
Terkait#Bank Indonesia#Agus Martowardojo#Tiongkok
nonasakamoto is offline   Reply With Quote