View Single Post
Old 11th December 2014, 09:48 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tiga Kelemahan Kerjasama PGN dengan Pengusaha SPBU

Quote:
JAKARTA - PT PGN berencana menjalin kerjasama dengan Pengusaha SPBU Pertamina untuk membangun SPBT (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Tereintegrasi). SPBT adalah pengisian bahan bakar yang tereintegrasi dengan gas.
Mantan Anggota Komisi VII DPR, Bobby Rizaldi mengatakan, dari sisi ketahanan nasional, wacana pemerintah untuk menunjuk salah satu BUMN dalam menjalankan bisnis gas perlu dikaji kembali.

"Menurut saya ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan oleh Pemerintah," kata Bobby di Warung Daun, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Menurutnya, ada dua BUMN yang sudah mempunyai infrastruktur jaringan dan distribusi masing-masing sekaligus memiliki pasarnya. Kedua, baik Pertamina dan PGN, memiliki sumber gas yang berbeda-beda dari hulunya.

"Yang mana bila disatukan atau di-konsolidasi dalam satu entitas, malah menjadi tidak efisien, karena perbedaan struktur biayanya," jelas dia.

Kemudian ketiga, single aggregator dalam industri gas hilir, rentan membentuk pasar monopolistic, yang nantinya akan membuat konsumen kehilangan opsi yang kompetitif, dan melanggar Undang Undang persaingan Usaha.

"Saya usulkan , sebagai langkah awal, sebaiknya Pertamina dan PGN bikin konsorsium saja melalui anak perusahaan masing-masing. Jika nanti konsep bisnisnya sudah jelas, maka ini bisa dilanjutkan," jelasnya.

"Toh kita tahu bahwa PGN dan Pertamina juga sudah lakukan Joint Venture di FSRU (Floating Storage Regasification Unit) PT Nusantara Regas di Muara Karang. Jadi kenapa pola ini tidak diteruskan saja," sambungnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links