View Single Post
Old 11th December 2014, 04:00 PM   #276
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Menyongsong Era Baru Industri TIK Indonesia

Menyongsong Era Baru Industri TIK Indonesia
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...-tik-indonesia



Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mulai mendapat angin segar setelah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mulai mendorong TIK tak hanya sebagai fasilitas, tetapi lebih kepada enabler pembangunan.
Hal ini tentu kabar baik bagi seluruh stakeholder telematika di Indonesia. Terlebih di dalam Kabinet Kerja, menteri yang ditugaskan untuk mengurusi sektor TIK datang dari kalangan profesional yang telah makan asam garam di industri ini.
Terpilihnya Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika membuka peluang besar bagi pertumbuhan industri TIK ini. Rencananya untuk mengubah rezim perizinan di Kementerian Kominfo demi memudahkan percepatan pembangunan pun patut dipuji.
Namun menurut Johnny Swandi Sjam, Ketua Komite Tetap Bidang Telekomunikasi Kadin Indonesia, Rudiantara tak seharusnya bekerja sendirian. Ia memerlukan dukungan dari semua elemen jika ingin industri TIK di Indonesia maju pesat.
”Dengan segala permasalahan yang kompleks di industri TIK ini, saya rasa Chief RA tidak harus bekerja sendirian. Kalau perlu, ada tim percepatan yang bisa membuka partisipasi aktif dari para stakeholder untuk membantu menteri,” dalam talkshow HUT ke-3 IndoTelko Forum di Jakarta.
Dukungan untuk menyukseskan program Menkominfo baru sangat dibutuhkan. Pasalnya setelah mobile 4G LTE digelar akhir 2014 ini, Kominfo juga akan melanjutkannya dengan grand design Indonesia Broadband Plan 2014-2019.
”Nantinya dari program ini, akses internet tak hanya sekadar kencang saja, tapi juga merata ke seluruh Indonesia. Saya rasa kita semua harus mendukung dan ikut membantu program Chief RA ini,” lanjut Johnny.
Setelah program pembangunan internet pita lebar ini dijalankan, ada lagi satu isu yang cukup penting untuk kita bahas. Setelah pipanya dibangun, jangan sampai istilah dumb pipe untuk over-the-top (OTT) asing yang selama ini ditakuti benar-benar terjadi ke operator di Indonesia. Tentu kami ingin Menkominfo mendorong aplikasi lokal agar jadi tuan rumah di negeri sendiri.
Isu net neutrality juga telah menjadi topik hangat di Amerika Serikat. Indonesia rasanya juga perlu memberikan sinyal ke tataran global pandangannya tentang net neurality dikaitkan dengan kedaulatan di internet. Harus ada aturan jelas soal tata kelola dalam bisnis internet setelah kita memasuki era 4G dan broadband plan nanti.
”Di Amerika, perdebatan soal net neutrality ini sudah ikut dibahas oleh Presiden Barack Obama. Saya rasa dengan adanya Chief RA di Kabinet Kerja Jokowi-JK, akan memudahkan kita untuk menyampaikan masalah ini kepada beliau-beliau yang ada di istana,” tutup Johnny.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote