View Single Post
Old 12th December 2014, 02:41 PM   #290
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Rencana Pembatasan Ekspor Diharapkan Dongkrak Harga Timah

Rencana Pembatasan Ekspor Diharapkan Dongkrak Harga Timah
http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/c...bxvH.jpg?w=668


Quote:
Metrotvnews.com, Makassar: Rencana Direktorat Jenderal (Dirjen) Mineral dan Pertambangan (Minerba) untuk mengurangi kuota ekspor timah hingga 50 persen pada 2015 mendatang diharapkan akan membantu naiknya harga timah dunia. "Indonesia adalah eksportir timah terbesar saat ini, pengurangan ekspor tersebut akan mengguncang suplai timah dunia dan ini diharapkan akan meningkatkan harga timah pada kisaran 5 sampai 10 persen tahun depan," kata Direktur Keuangan PT Timah (Persero) Tbk Ahmad Rosidi di Makassar, Jumat (12/12/2014).

Ekspor timah Indonesia tercatat pada kisaran 75 ribu sampai 80 ribu ton di tahun 2014, dengan berlakunya kebijakan pembatasan ekspor timah ini maka kuota ekspor hanya akan berada pada angka 45 ribu ton. Di sisi lain, Ahmad mengatakan meningkatnya pasar elektronik dunia juga akan meningkatkan permintaan pasar terhadap timah.

"Sekitar 57 persen aplikasi logam timah digunakan sebagai timah solder untuk barang elektronik, dan timah tidak dapat disubsitusi kecuali dengan emas dan perak yang harganya lebih tinggi, jadi kami optimistis prospek timah ke depan akan semakin cerah," tuturnya.

Sebagai gambaran, data yang dirilis oleh Danareksa Sekuritas menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada pasar semikonduktor global. Pasar semikonduktor global naik 4,8 persen yoy pada 2013, dan kecenderungan peningkatan terus berlanjut dimana pada Oktober 2014 tercatat naik 9,9 persen.

Ahmad mengaku, perhatian yang telah ditunjukkan oleh pemerintah melalui berbagai regulasi juga akan membantu membaiknya sektor pertamabangan Indonesia, khususnya terkait komoditas timah. Dengan Permendag No 32/2013 misalnya, kata dia, timah hanya bisa diperdagangkan melalui Bursa Timah, dan untuk itu asal usul timah harus jelas dan diverifikasi oleh surveyor. Hal ini, lanjutnya, sangat membantu mengurangi pertambangan timah ilegal.

"Selama ini banyak pertambangan ilegal yang sangat merugikan kita, dengan ikut campurnya pemerintah di sektor ini melalui berbagai regulasi kami berharap sektor pertambangan khususnya timah akan semakin baik," pungkasnya. (Antara)
WID

Last edited by nonasakamoto; 12th December 2014 at 02:43 PM..
nonasakamoto is offline   Reply With Quote