View Single Post
Old 13th December 2014, 10:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pendapatan Rp2,5 Juta Ingin Kumpulkan Rp100 Juta

Quote:
NAMA saya Zhie, usia 20 tahun. Saya bekerja di salah satu sekolah swasta dengan gaji Rp900 ribu per bulan, dan pasangan saya 23 tahun bekerja di sebuah hotel dengan gaji bersih Rp1,6 juta. Saya tinggal bersama nenek saya dan pasangan saya tinggal di rumah sewa yang tiap bulannya Rp200.000.

Kami bermaksud ingin menikah satu atau dua tahun lagi. Bagaimana cara mengatur keungan kami, berapakah kah yang harus kami tabung setiap bulan? Atau investasi apa yang cocok untuk kami lakukan? Kami ingin menikah dengan biaya kami tanpa menyusahkan orangtua, apakah bisa kami mengumpulkan uang sebesar Rp100 juta untuk pernikahan kami? Bagaimana solusinya.

Terima kasih.



Jawaban :

Apa kabar Zhie,

Mengatur keuangan untuk pribadi dan keuangan setelah berkeluarga akan sedikit berbeda. Karena sekarang ini Zhie masih lajang maka tentunya gaji yang didapat masih digunakan untuk keperluan sendiri. Pada saat nanti berkeluarga barulah penghasilan Anda dan suami menjadi penghasilan bersama yang tentunya pengaturannya berdasarkan kesepakatan bersama pula.

Nah, jika sekarang Anda berdua mempunyai tujuan yang sama, yaitu mengumpulkan biaya menikah sebesar Rp100 juta untuk digunakan dua tahun ke depan. Anda bisa membuka tabungan bersama untuk menampung dana, atau masing-masing membuka tabungan, tergantung mana yang dirasa nyaman.

Berdasarkan perhitungan kasarnya setiap bulan harus disisihkan Rp4,16 juta (Rp100 juta dibagi 24 bulan). Sepertinya terlalu berat ya, sementara penghasilan Anda berdua kurang dari angka tersebut. Untuk itu Anda harus realistis terhadap target tersebut, apakah dengan menurunkan jumlah biayanya atau dengan memperpanjang waktu menabung. Besar kecilnya biaya untuk menikah tergantung kita sendiri, jangan sampai hal ini menghambat rencana Anda berdua.

Langkah selanjutnya adalah mencatat pengeluaran rutin, dan berapa banyak dana yang bisa Anda berdua sisihkan setiap bulannya. Misalkan Anda berdua bisa menyisihkan masing-masing 30 persen dari penghasilan, atau total dari penghasilan berdua sekitar Rp750 ribu.

Masukkan dalam tabungan berjangka atau deposito. Tabungan berjangka itu adalah tabungan biasa yang memiliki fitur ada jangka waktu lamanya setoran yang harus dilakukan. Kemudian, saldo tabungan baru dapat dicairkan jika sudah mencapai jatuh tempo. Jadi, tabungan ini akan membuat Anda disiplin menabung.

Anda juga bisa menginvestasikan dalam bentuk Reksa Dana Pendapatan Tetap yang mempunyai "return" yang stabil sehingga cukup aman untuk tujuan keuangan jangka menengah.

Cobalah juga untuk menambah penghasilan agar dapat menambah jumlah tabungan.

Yang terpenting adalah disiplinlah dalam menabung atau berinvestasi agar hasilnya sesuai dengan yang target.

Salam

Sari Insaniwati, CFP

MRE Financial & Business Advisory

www.mre.co.id @mreindonesia

Mitra Rencana Edukasi, PT | Jl. Musi no.33 Cideng Gambir Jakarta Pusat 10150|ph 021-3856722|www.mre.co.id|follow us @mreindonesia

Join “Dare to Dream Indonesia”, our free entry program Coaching & Business mentoring. http://www.facebook.com/pages/Dare-t...ia/11291371265.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links