View Single Post
Old 16th December 2014, 07:56 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menkeu Klaim Rupiah Masih Lebih Unggul dari Rubel

Quote:
JAKARTA - Melemahnya rupiah ternyata bukan yang paling buruk di antara beberapa negara lainnya. Pelemahan beberapa mata uang negara lain bahkan lebih parah dari Rupiah.
Menteri keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan, hingga 15 Desember 2014, pelemahan harian Rupiah mencapai 2 persen. Namun, ada beberapa negara yang pelemahannya lebih besar.

"Rubel Rusia mengalami pelemahan 10,2 persen, Lyra Turki 3,4 persen dan yang lebih baik dari kita adalah Brasil yang pelemahannya 1,6 persen," kata Bambang di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Menurut Bambang, ini merupakan fenomena global yang bukan hanya dialami oleh Indonesia. Dia menjelaskan, perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS) selalu menjadi alasan utama melemahnya mata uang negara lain. "Memang kalau dilihat harian seperti itu tapi kalau lihat secara global di emerging market itu mengalami pelemahan signifikan," tambah dia.

Dia menambahkan, penguatan dolar AS secara universal, ditambah meningkatnya permintaan dolar AS di pasar uang dalam negeri sebagai akibat kegiatan menjelang tutup tahun, serta portofolio rebalancing, membuat Rupiah semakin lemah.

"Namun, pemerintah telah melakukan koordinasi bersama Bank Indonesia (BI) dan juga Otoritas Jasa keuangan (OJK) untuk melakukan intervensi agar rupiah dapat membaik," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links