View Single Post
Old 16th December 2014, 08:01 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 400 Ribu Ton Gula Petani Lokal Terancam Tak Laku

Quote:
JAKARTA - Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia secara tegas menolak keputusan pemerintah untuk impor gula rafinasi sebanyak 600 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan industri makanan minuman. Pasalnya, hal ini membuat gula yang dijual petani lokal tidak laku.
"Petani dari timur sampai barat, kalau dikumpulkan stok gula ada 400 ribu ton, tapi sayangnya enggak ada yang beli karena pembeli takut, kalau mereka beli nanti takut tidak terserap pasar," ujar Ketua Umum Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Soemitro Samadikoen pada pewarta di Kementerian Perdagangan Selasa (16/12/2014)

Dia menjelaskan, selama ini protes yang mereka lakukan, baik ke Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, tidak mendapat respons yang positif.

"Kita pernah ketemu Kementan dan Kemendag semua bilang katanya akan koordinasi mencari solusi bagaimana gula kami ini bisa diatasi dan ada yang beli. Dari November kita tunggu, tapi enggak ada yang direspons," tutur dia.

Menurutnya, pemerintah harus bisa menyelesaikan masalah ini, dengan tidak mementingkan ego sektoral yakni impor gula untuk memenuhi kebutuhan gula rafinasi secara nasional.

"Intinya jangan impor dulu, sebelum gula tani ini terserap pasar dengan harga Rp8.500 sesuai dengan HPP (harga pokok penjualan). Kalau tidak urusannya jadi lain," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links