View Single Post
Old 17th December 2014, 09:52 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Rupiah Ambruk, Industri Keuangan Masih masih Kuat



Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, kondisi industri keuangan Tanah Air masih cukup kuat meskipun harus menghadapi tantangan pelemahan nilai tukar rupiah yang cukup besar dalam beberapa hari belakangan ini.

Ketua OJK, Muliaman D Hadad menjelaskan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini merupakan implikasi dari perbaikan ekonomi Amerika. Oleh karena itu, pelemahan nilai tukar tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga dirasakan oleh beberapa negara lain.

Muliaman pun bercerita, perbaikan ekonomi Amerika bisa langsung dilihat dengan jelas pada industri pasar modal.

"Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) drop 1,7 persen, Nikkei juga turun 1,9 persen, Singapura 1,3 persen drop, Filipina melemah 1,2 persen, Jerman data tadi malam melemah 2,7 persen, Inggris 1,87 persen drop," jelasnya di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Namun, Muliaman memastikan, turunnya IHSG dan juga nilai tukar rupiah tersebut tak banyak berpengaruh kepada industri keuangan nasional.

OJK terus melakukan uji ketahanan terhadap segala kemungkinan pada industri keuangan, terlebih pada kondisi yang ekstrim.

"Industri keuangan nasional dalam keadaan baik dengan penanganan manajemen risiko yang baik," lanjutnya.

Selain itu, OJK juga akan melakukan pengawasan lebih dekat terutama pada industri keuangan yang berhubungan dengan valuta asing.

"Tujuannya tentu saja kami tidak menginginkan ada upaya-upaya yang bersifat spekulatif yang saya rasa sangat tidak menguntungkan," tutup dia.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links