View Single Post
Old 17th December 2014, 01:50 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Rupiah Anjlok, Jokowi: Saatnya Ambil Untung dari Ekspor

Quote:
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat terbatas (ratas) mengenai serangan dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang Rupiah. Tercatat, beberapa belakangan hari ini, Rupiah bertengger di level Rp12.700 per USD dan bahkan hampir menyentuh di level Rp13.000an per USD.

Dalam kata pengantarnya, Jokowi menyebut pelemahan Rupiah seharusnya dapat mendorong industri untuk melakukan percepatan kegiatan ekspor, sehingga dapat mengambil keuntungan dari pelemahan ini.

"Kesempatan seperti ini seharusnya industri harus didorong agar industri berorientasi kepada ekspor bisa bergerak lebih cepat sehingga bisa mengambil keuntungan dari posisi pelemahan rupiah ini," kata Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Menurut Jokowi, pelemahan Rupiah ini pada hakikatnya lebih baik jika dibandingkan dengan pelemahan mata uang negara lainnya, seperti Jepang, Malaysia dan Rusia.

"Kita lihat bahwa negara kita dibandingkan dengan Jepang, Malaysia, Rusia, (mata uang) kita berada di dalam posisi yang baik," sebutnya.

Saat ini pemerintah dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatukan pola pikir untuk mengatasi pelemahan ini.

Ratas sendiri dilakukan tertutup, nantinya hasil rapat ini diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan beberapa menteri ekonomi terkait lainnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links