View Single Post
Old 18th December 2014, 09:34 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Lebih Mahal Mana BBM Buatan Sendiri Atau Impor?




Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi menyatakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diproduksi dari kilang Indonesia lebih mahal ketimbang impor.

Anggota Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi Agung Wicaksono mengatakan, Indonesia memiliki kilang yang usianya sudah memasuki masa uzur sehingga tidak handal mengelola jenis minyak tertentu.

"Menarik harga produksi BBM dari semua kilang yang ada, dari yang tertua Plaju sampai Sorong," kata Agung di kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Agung mengungkapkan, karena kondisi tersebut membuat biaya produksi BBM Indonesia lebih mahal ketimbang impor. "Itu semua lebih mahal dari pada kalau BBM kita impor, ini hal mendasar," tegasnya.

Hal tersebut membuat sebagian kalangan menilai Indonesia tak perlu membuat kilang. Namun menurut Agung, karena memikirkan ketahanan energi pembangunan kilang harus tetap dilakukan.

"Ada yang mengatakan yaudah tutup saja kilang semua kita impor semua, tapi energi bukan soal harga tapi ketahanan," pungkasnya.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links