View Single Post
Old 20th December 2014, 08:19 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Potensi Ikan Hias di Indonesia Capai USD1,5 Miliar

Quote:
JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomaritim) mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam ikan hias yang besar. Namun, hingga kini belum bisa dioptimalkan potensi ikan hias secara maksimal

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menyebutkan hal tersebut bisa dilihat dari jumlah ekspor ikan hias Indonesia paling banyak disalurkan ke negara Asean seperti Spanyol dan Singapura.

"Potensi ikan hias di Indonesia sebesar USD1,5 miliar. Ekspor ikan kita itu memang sangat besar, karena negara tersebut tidak tidak memiliki laut sehingga kami ekspor ke mereka," ucapnya saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Dia menyebutkan untuk melakukan sinergi seluruh kekuatan dan stake holder yang terkait dengan ikan hias, setidaknya di seluruh kementerian mampu membudidayakan ikan hias. Untuk mengoptimalkan potensi ikan hias, Dia juga meminta keseluruhan hotel di seluruh Indonesia ikut membudidayakan ikan hias.

"Masalah pembudayaan ikan hias saya himbau seluruh hotel, lalu bandara di Indonesia, terminal dan kantor pemerintah harus ada ikan hiasnya, Kalau di bawah Kementerian Perhubungan bisa Pelindo I sampai IV ada budi daya ikan hias, lalu Angkasa Pura 1 dan 2 juga sama membudidayakan. Nanti saya minta juga sama Menteri Pariwisata (Arif Yahya) untuk dapat menerapkan hal ini," tukasnya.

Sebagai informasi, menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan ekspor ikan hias tercatat naik 26 persen, pada setahun belakangan kinerja ekspor ikan hias mencatatkan grafik dari tahun 1996-2013 mencapai 62,46 persen.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links