View Single Post
Old 21st December 2014, 11:27 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bangun Rumah, Pinjam Bank atau Menabung?

Quote:
SAYA seorang karyawan swasta di kota kecil. Saya ingin membangun rumah sederhana di desa. Apakah saya perlu dana pinjaman dari bank atau menabung?

Terima kasih.

Siswo.



Pak Siswo,

Saat ini banyak sekali bank yang menawarkan fasilitas pinjaman untuk membiayai pembangunan rumah. Untuk itu, diperlukan beberapa syarat, yakni:

• Tanah merupakan milik pribadi;

• Nasabah merupakan WNI, usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, mempunyai pekerjaan tetap dan mempunyai NPWP.

Adapun yang pertama kali harus disiapkan adalah RAB atau rencana anggaran biaya. Ini diperlukan oleh bank untuk menentukan plafon pinjaman, yaitu maksimal 70 persen dari RAB. Karena itu, Bapak harus memiliki modal awal sebesar 30 persen dari RAB.

Biaya-biaya lainnya yang harus disiapkan adalah biaya provisi, administrasi, premi asuransi (jiwa, kebakaran, dan bencana alam), biaya taksasi agunan dan biaya notaris. Total biaya tergantung dari pinjaman yang disetujui oleh pihak bank.

Setiap bank akan menetapkan suku bunga pinjaman yang berbeda. Jika bank memberikan cicilan bunga secara flat, coba tanyakan berapa dalam bunga efektif. Informasi ini diperlukan jika Bapak berencana untuk melunasi pinjaman sebelum waktunya.

Pilihlah tenor pinjaman yang sesuai kemampuan Bapak, cicilan utang jangan melebihi 30 persen penghasilan per bulan.

Bapak juga bisa membiayai sendiri pembangunan rumah tanpa harus meminjam ke bank, akan tetapi perhitungkan berapa lama dana yang diperlukan akan terkumpul? Berapa persentase kenaikan material bangunan akibat penundaan tersebut? Jika kenaikannya melebihi tingkat suku bunga pinjaman di bank, sebaiknya Bapak menggunakan alternatif pembiayaan melalui bank.

Sari Insaniwati, CFP

MRE Financial & Business Advisory

www.mre.co.id @mreindonesia

Mitra Rencana Edukasi, PT | Jalan Musi Nomor 33 Cideng Gambir Jakarta Pusat 10150| Ph 021-3856722 | www.mre.co.id | follow us @mreindonesia

Join “Dare to Dream Indonesia”, our free entry program Coaching & Business mentoring. http://www.facebook.com/pages/Dare-t...ia/11291371265.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links