View Single Post
Old 21st December 2014, 11:30 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kejar Target, Ditjen Pajak Bisa Optimalkan Pajak Pribadi

Quote:
JAKARTA - Guna mencapai target penerimaan pajak sebesar Rp1.201,7 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak seharusnya bisa mengoptimalkan penerimaan pajak orang pribadi.

Pengamat perpajakan Yustinus Pastowo mengatakan untuk mencapai angka tersebut, pemerintah bisa kejar pajak orang pribadi non profesi atau pengusaha. Dia menilai selama ini Pajak pengusaha belum bisa diterima secara maksimal.

"Memang yang paling mungkin untuk dikejar pajak orang pribadi yang bukan profesi atau pengusaha termasuk yang informal," katanya kepada Okezone, Sabtu (20/12/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan dalam mengoptimalkan sektor ini pemerintah bisa menggunakan pendekatan aset. Pasalnya selama pemerintah kesulitan untuk mengetahui kekayaannya dari jumlah rekening. Untuk itu pemerintah bisa mengetahui besaran pajak yang harus dibayar dari sisi aset.

"Jadi pemerintah bisa menggunakan pendekatan kekayaan aset saja, punya rumah berapa kendaraan berapa, Kalau dari sisi penerimaan pajak masih kecil, kalau kita lihat Dana Pihak Ketiga (DPK) bank yang ada sekarang ini sudah sampai Rp3.000 triliun, nah Rp2.000 itu milik 45 ribu orang artinya sebenarnya banyak yang bisa menyumbang pajak," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links