View Single Post
Old 23rd December 2014, 07:34 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 18 Dec 2014
Userid: 3028
Location: Jakarta
Posts: 98
Real Name: sarah nugraha
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Mendeteksi Kondisi Mesin Dari 'Warna' Busi


Salah satu cara yang cukup gampang untuk mendeteksi gangguan atau kelainan pada kendaraan modcomer's adalah dengan melihat busi keadaan busi dari kendaraan tersebut.
Dengan melihat beberapa kelainan yang terdapat pada busi kendaraan bermotor kita dapat mengenali kondisi mesin, karena beberapa kerusakan pada mesin atau gangguan pada mesin kendaraan akan tergambar pada busi yang digunakan.

Berikut ini beberapa keadaan yang terdapat pada busi kendaraan dan gangguan yang mungkin dialami oleh mesin kendaraan tersebut berdasarkan hasil observasi sumber terdapat pada busi:

1. Normal: Warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong busi. Kalau ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin. Kalau ada warna gelap atau hitam pekat, maka setingan karburator terlalu boros bensin.

2. Basah: Ujung busi basah, basahnya ini basah oli bukan bensin, maka ada yang bocor di mesin kita,bisa dari ring piston goyang, bos klep bocor atau oli mesin terlalu banyak hingga seal klep kalah/bocor. Oli ini ikut terbakar di ruang pembakaran mesin dan meninggalkan sisa basah oli.

3. Tertutup Kerak: Hal ini disebabkan karena kualitas bahan bakar yang kita pakai jelek, ada campuran kotoran, atau sudut pengapian yang terlalu maju, dan bisa jadi salah pilih jenis busi.

4. Rata dengan keramik: Ini artinya businya udah kebanyakn diamplas jadi udah abis, beli lagi donk yang baru.


5. Cacat/Rusak: Artinya bensin yang kita pakai jelek sehingga terjadi gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi terlalu jauh. Makanya beli bensin harus pilih-pilih, jangan asal cepat, nggak antri. Tapi jangan kira juga loh kalau di SPBU bensinnya bagus, ada juga SPBU yang nakal, nyampur bensin + minyak tanah. Coba sekali-kali cek kondisi bensin yang kita beli.

6. Penuh Bulu Putih: Ini artinya ada cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar di ruang pembakaran mesin.

7. Meleleh: Ini artinya busi menyala sebelum waktunya disebabkan nilai oktan bensin yang terlalu jelek/rendah, derajat pengapian terlalu maju atau mesin terlalu panas.

8. Mengkilap: Busi basah karena sisa bensin yang tidak ikut terbakar, bukan oli. Ini artinya settingan karburator kurang pas, terlalu boros. Atau bisa juga salah pilih jenis busi, kurang dingin.

semoga bermanfaat
sarahEO is offline   Reply With Quote
Sponsored Links