View Single Post
Old 23rd December 2014, 07:37 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 18 Dec 2014
Userid: 3028
Location: Jakarta
Posts: 98
Real Name: sarah nugraha
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Jangan Mematikan Mesin Mobil Secara Asal


Mematikan mesin mobil ternyata tidak boleh asal-asalan saja, punya teknik tersendiri agar mesin bisa terjaga dengan baik dan awet. Kebanyakan pengemudi sering terburu-buru dalam mematikan mesin kendaraan pada saat parkir. Padahal kebiasaan ini sangat tidak bagus buat kondisi mobil Anda di waktu yang akan datang.

Pada mematikan mesin, jangan memutar langsung kontak ke posisi off dan juga menekan pedal gas. Karena hal ini sangat berpengaruh pada pelumasan mesin. Pada Saat putaran tinggi mesin memerlukan pelumasan yang lebih baik. Tapi karena langsung dimatikan meskipun masih ada sisa oli pada dinding boring (rumah silinder), pelumasan menjadi berkurang. Jika sering dilakukan mesin akan aus atau jebol.

Mesin yang dimatikan setelah digeber pada kecepatan tinggi adalah cara yang tidak tepat. Karena saat itu mesin baru saja bekerja keras dari menempuh perjalanan. Tentunya juga masih dengan temperatur tingg dan komponen di dalamnya masih mengembang, jika tiba-tiba dimatikan hal itu akan merusak bagian dinding silinder.

Selain itu mesin yang dituntut melakukan putaran tinggi secara terus menerus pasti mengalami stress. Kondisi ini membuat keadaan mesin belum stabil.

Kebiasaan buruk yang mematikan mesin secara tiba-tiba sehabis melaju pada kecepatan tinggi bisa membuat kerusakan pada ring piston cepat aus. Selanjutnya merembet pada penurunan kompresi sehingga tenaga mobil menjadi loyo.

Cara yang tepat untuk mematikan mesin adalah dengan mendiamkan dulu putaran mesin idle beberapa saat sampai mesin benar benar dalam keadaan stationer. Setelah itu baru putar kunci kontak ke posisi off. Simple tapi sangat penting bagi kita semua. Semoga bermanfaat.

sarahEO is offline   Reply With Quote
Sponsored Links