View Single Post
Old 25th December 2014, 12:39 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Antisipasi Kenaikan Barang, Kurangi Belanja Tidak Penting

Quote:
JAKARTA - Dampak kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menyebabkan beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut tentu sangat berat dirasakan terutama bagi masyarakat yang memiliki penghasilan renda.
CEO PT Cerdas Keuangan Indonesia M Andoko mengatakan bahwa masyarakat harus pandai-pandai mengatur keuangan. Salah satunya dengan cara melakukan pencatatan estimasi sesuai kebutuhan.

"Biasanya masyarakat kita baik individu atau keluarga sebaiknya membuat perencanaan budgeting secara terperinci dan detail untuk biaya anak sekolah, transportasi, makan, listrik, bensin dan lain-lain. Nanti dari budgeting itu, berapa persen kenaikan yang diberlakukan bisa diatasi," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (25/12/2014).

Terutama jika penghasilan masyarakat di bawah UMP, maka masyarakat harus lebih jeli mengatur keuangan terutama bagi kebutuhan yang bersifat prioritas dan kebutuhan yang tidak terlalu penting.

"Gaji yang hanya pas-pasan, seharusnya lebih bijak dengan mengurangi bagian-bagian yang ada. Sehingga,dengan adanya kenaikan BBM, budget yang dialokasikan untuk kebutuhan pokok maupun transportasi,dan lain-lain masih bisa dijangkau," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links