View Single Post
Old 25th December 2014, 12:41 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Libur Panjang, Sesuaikan Budget Anda

Quote:
JAKARTA Menjelang akhir tahun sebagian masyarakat tentu ingin menikmati liburan. Namun, tidak semuanya dapat menikmati terlebih bagi karyawan yang memiliki penghasilan yang minim.
CEO PT Cerdas Keuangan Indonesia M Andoko mengungkapkan, langkah yang dilakukan masyarakat yang berpenghasilan rendah agar bisa menikmati liburan. Pertama, sesuaikan biaya pendapatan dengan biaya liburan.

"Misalnya individu karyawan itu memiliki penghasilan kisaran Rp2,4- Rp2,7 juta per bulan. Berarti mereka bisa mengambil budget disesuaikan dengan tempat wisatanya yang tidak terlalu mahal. Misalnya taman margasatwa dan tempat-tempat yang masih berada di kisaran Ibu Kota," paparnya saat dihubungi Okezone, Kamis (25/12/2014).

Namun, perencanaan tersebut harus sudah direncanakan satu tahun sebelumnya dengan cara mengalokasikan sekira 5 persen dari penghasilan setiap bulannya. Hal tersebut disiapkan sebagai investasi bagi kebutuhan liburan.

"Pengalokasian pendapatan sekira 5 persen tersebut harus dilakukan dengan cara di tabung di bank misalnya Rp100 ribu, agar uang yang telah disimpan,tidak terlalu mudah untuk dipergunakan sehari-hari," ujarnya.

Selain itu, menurut Andoko, alternatif lain yang dapat dilakukan dengan cara mencari pekerjaan sampingan di luar pekerjaan resmi sebagai karyawan.

"Biasanya karyawan libur pada hari Sabtu dan Minggu. Maka waktu itu, sebaiknya dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan dari gaji sampingan dari pekerjaan sesuai dengan masing-masing hobinya, seperti mengajar, berdagang dan lain-lain," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links