View Single Post
Old 27th December 2014, 05:14 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Harga Cabai Rawit Merah Kian Pedas di Semarang




Sempat stabil di harga Rp 70 ribu per kilogram (kg), harga cabai rawit merah di Semarang kembali melonjak ke harga Rp 85 ribu per kg pada hari ini, Jumat (26/12/2014).

Seperti terpantau di Pasar Johar, Semarang, harga cabai rawit yang dikenal sebagai 'lombok setan' itu mencapai Rp 85 ribu per kg di tingkat pedagang besar.

Menurut salah satu pedagang di pasar terbesar se-Jawa Tengah itu, Suryanti, pada saat natal, harga cabai rawit itu masih bertahan di harga Rp 70 ribu per kg. Bahkan pada pagi harinya, ia juga masih menjual dengan harga yang sama.

"Tadi pagi saya masih menjual Rp 70 ribu per kg. Agak siang saya kaget diberitahu teman-teman bahwa harga jual sudah Rp 85 ribu per kg. Kebetulan pemasok saya baru nanti malam datang," kata Suryanti.

Lonjakan harga Rp 15 ribu per kg ini tak pelak membingungkan para pedagang saat melayani pembeli. Kenaikan harga itu didapat setelah pedagang lain hanya mendapat pasokan 2-3 kuintal. Biasanya tiap pedagang bisa mendapatkan alokasi hingga 6-7 kuintal.

"Yang mengagetkan, harganya dari Rp 70 ribu tiba-tiba melonjak ke Rp 85 ribu per kg," tambahnya.

Pedagang lain, Suprapto menyebutkan, lonjakan harga yang terjadi tidak bertahap ini disebabkan kurangnya stok kiriman dari petani cabai. Sehingga pedagang pun sempat mengeluhkan pengeluaran yang terus membengkak.

"Kalau di Johar biasanya dikirim para tengkulak dari Magelang, Muntilan, juga Bandungan Ambarawa," kata Suprapto.

Daerah-daerah yang disebutkan tadi memang untuk komoditas cabai rawit baru memasuki musim tanam sehingga stok menjadi berkurang, sementara permintaan naik terus.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links