View Single Post
Old 28th December 2014, 11:06 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Subsidi Tetap Buat Pengusaha & masyarakat Rumit

Quote:
JAKARTA - Hiswana Migas menilai penerapan subsidi tetap akan membuat sulit para pengusaha dan juga masyarakat. Ada pula, wacana penetapan subsidi tetap itu akan diberlakukan pemerintah pada awal tahun 2015.

"Mungkin untuk pemerintah tidak, tetapi untuk pengusaha dan masyarakat rumit, karena setiap bulan kan bisa naik turun," kata Ketua II DPP Hiswana Migas M Ismeth di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

Ismeth mengatakan, memberlakukan subsidi tetap yang disinyalir membuat sulit para pengusaha dan masyarakat adalah di saat adanya perubahan harga dari hitung-hitungan harga yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Bisa dibayangkan pengusaha kecil untuk menghitung ongkos angkut, misalnya pengusaha sayur dia memperkirakan harga Rp9.500 tahu-tahu dua minggu kemudian berubah menjadi Rp9.600, itu kan harus dihitung, dan dia harus bilang ongkos angkut barang menjadi naik, sementara kalau harga sudah naik tidak akan turun lagi, itu kan rumit," tambahnya.

Sementara itu, Ismeth juga mengakui penetapan subsidi tetap sudah dilakukan oleh negara-negara lain. Namun, pemberlakuan tersebut sudah diimbangi dengan sistem yang baik.

Oleh karena itu, sambung Ismeth, jikalau pemerintah tetap ingin merealisasikan wacana tersebut harus mampu membenahi sistem yang ada, dan mampu menjamin agar para pengusaha lokal tidak merugi.

"Dan bagaimana menghadapi harga barang yang bukan harga BBM naik turun, tetapi saya cenderung harga barang akan naik terus, karena di Indonesia kalau sudah naik jarang turun, itu yang harus dipertimbangkan," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links