View Single Post
Old 28th December 2014, 11:08 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Berumur Ratusan Tahun, Kemampuan Kilang Pertamina Diragukan

Quote:
JAKARTA - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi), Sofyano Zakaria menilai kilang milik PT Pertamina (Persero) tidak mampu memproduksi RON 92 sesuai dengan kebutuhan konsumsinya di Indonesia.

Sofyano menjelaskan, kebutuhan nasional akan RON 92 sekitar 15 juta barel per bulan. Namun, Pertamina sendiri hanya mampu memproduksi RON 92 hanya 5 juta barel per bulan.

"Ya memang sudah tua, umurnya (kilang) sudah ratusan tahun, sudah nenek, 110 tahun, sudah masuk itu seharusnya museum record," kata Sofyano di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

Sofyano juga mempertanyakan kebenaran mengenai PT Pertamina yang menyanggupi kebutuhan RON 92 dalam negeri yang sebesar 15 juta barel per bulan, sedangkan kilang Pertamina sendiri tidak mampu produksi sesuai dengan kebutuhan.

"Makanya saya bilang, itu Direktur Pengolahan Pertamina bisa dipertanggung jawabkan atau tidak," tambahnya.

Oleh karena itu, sambung Sofyano, jikalau pemerintah benar ingin menerapkan usulan tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) mengenai penghapusan RON 88 dan menggantikannya dengan RON 92 jangan diterapkan secara tergesa-gesa. Pasalnya, melihat kondisi produksi kilang Pertamina saat ini, dipastikan pemerintah akan tetap melakukan impor RON 92.

"Rekomendasi ini jangan di wujudkan tergesa-gesa, karena kalau terjadi sesuatu stagnan yang salah suplai yang nanggung risiko itu masyarakat, itu yang menjadi masalah dan harus dipikirkan matang," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links