View Single Post
Old 1st January 2015, 11:09 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Gengsi Pramusim ISL


JAKARTA – Ajang pramusim jadi salah satu tolok ukur kesiapan sebuah tim sebelum melakoni kompetisi sesungguhnya. Gengsi pramusim pun menghinggapi klub-klub kontestan Indonesia Super League (ISL) 2015. Ada yang melakoni pramusim di luar negeri, tidak sedikit klub yang memilih menjalani persiapan di dalam negeri saja.

Mitra Kukar jadi salah satu tim yang konsisten menilai pentingnya sebuah pramusim. Jika musim lalu, Naga Mekes, julukan Mitra Kukar, melakoni masa pramusim di Spanyol, kali ini pilihan jatuh kepada Thailand. Total ada 22 pemain yang diboyong manajemen Mitra Kukar ke Negeri Gajah Putih tersebut.

Rencananya, Mitra Kukar yang sudah tiba di Thailand, Selasa (23/12/2014), akan menjajal tiga tim Thailand. Diawali dengan menjajal klub Divisi 1 Thailand, TTM Customs FC, (27/12/2014).

Dilanjut bertanding dengan Air Force Central, (30/12/2014). Air Force Central sendiri, adalah salah satu klub kontestan Liga Primer Thailand yang finis diperingkat ke-19 musim sebelumnya.

Terakhir, giliran klub yang finis di papan tengah Liga Primer Thailand yaitu Army United yang akan menjajal Zulham Zamrun dkk, 3 Januari 2015. Besar kemungkinan semua lawan yang dihadapi Mitra Kukar selama di Thailand, atas rekomendasi pelatih mereka Scott Cooper. Karena memang, jejak Cooper sejak tahun 2013 begitu kental dengan atmosfer raja sepak bola Asia Tenggara itu.

“Saya pikir itu bagus karena kami bisa bermain dengan tim yang saya tahu, fasilitas bagus, hotel bagus, dan kami pergi dari Indonesia sehingga orang-orang tidak tahu apa yang kami lakukan. Ini ibaratnya latihan rahasia,” ungkap Copper yang sebelumnya sukses bersama dua tim Thailand seperti Buriram United dan Muangthong United.

Selain Mitra Kukar yang sudah memulai masa pramusimnya di Thailand, beberapa klub lain juga sudah menyusun hal serupa. Persija Jakarta misalnya. Klub ibu kota yang dinilai memiliki skuad mumpuni setelah melakukan pembelian besar-besaran, sejauhnya sudah menjadwalkan tiga agenda uji coba selama masa pramusim.

Diawali pada awal tahun 2015, Persija akan bertolak ke Malaysia untuk menjajal kekuatan Kelantan FA di Kota Baru, 2 Januari mendatang. Setelah itu, Persija akan bertindak sebagai tuan rumah hajatan pramusim bertajuk Trofeo Persija, 11 Januari mendatang. Di mana klub-klub yang diundang seperti Arema Cronus dan Sriwijaya FC (SFC).

Terakhir yang paling diperhitungkan, rencana Persija mengundang salah satu klub kuat Jepang mentas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sepekan sebelum kickoff ISL 2015. Gamba Osaka akan didatangkan sebagai ujian pamungkas tim berjuluk Macan Kemayoran itu, sebelum memuluskan target juara di musim kompetisi mendatang.

Selain beberapa ajang pramusim atas inisiatif klub masing-masing, ajang pramusim berbentuk turnamen juga siap diputar. Seperti Marahalim Cup, 7-13 Januari 2015. Delapan tim seperti PSMS Medan, tim nasiobal (timnas) Indonesia U-23, timnas Myanmar U-20, dan klub asal Australia, Perth Glory akan saling adu kekuatan di Stadion Teladan, Medan.

Dilanjut ajang didukung oleh salah satu televisi nasional pada 14-24 Januari mendatang di Malang dan Padang. Di Grup A kabarnya diisi Semen Padang, Persija, Pelita Bandung Raya (PBR), dan Persebaya Surabaya. Adapun di Grup B diikuti Arema, Mitra Kukar, Persipura Jayapura, dan terakhir Persela Lamongan.

Tapi yang jadi pertanyaan, apakah menterengnya pramusim sebuah klub bisa betul-betul berimbas pada penampilan di kompetisi sesungguhnya. Mungkin jawaban itu bisa ditujukan kepada Mitra Kukar sendiri. Menjalani pramusim di Spanyol dengan dana yang tidak sedikit, klub asal Tenggarong itu hanya bisa melaju sampai babak delapan besar ISL.

sumber http://bola.okezone.com/read/2014/12...i-pramusim-isl
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links