View Single Post
Old 2nd January 2015, 05:44 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 18 Dec 2014
Userid: 3028
Location: Jakarta
Posts: 98
Real Name: sarah nugraha
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Catalytic Converter Berdesain Sarang Lebah Lebih Hemat BBM


Seorang ilmuwan dari Imperial College London,Dr Benjamin Kingsbury telah merancang catalytic conveter yang diklaimnya bisa menekan konsumsi bahan bakar sampai tiga persen. Tak cuma itu, peranti yang mempunyai desain uniknya juga mampu mengurangi emisi gas buang.


Rancangan catalytic conventer milik Benjamin berbentuk blok sarang lebah dari kemarik dengan saluran mikroskopis yang dilapisi logam seperti platina. Komponen tersebut bekerja dikarenakan suatu reaksi dengan polutan dalam emisi mesin.

Benjamin menggunakan proses manufaktur untuk memperbaiki struktur saluran, ,meningkatkan luas permukaan untuk memungkinkan reaksi yang lebih efisien. Dengnan begitu, perangkat ini mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mencegah 'tekanan balik'.


Adapun bahan yang dipakai berupa platinum kurang dari 80 persen. Selain lebih kuat, ongkos produksi pun bisa lebih irit ketimbang konverter yang ada selama ini mengandalkan logam mulia.

Benjamin mengklaim konverter desainnya itu bertahan lebih lama, juga dengan kinerja hanya turun empat persen dari usia pakai yang 107.200 km. "Catalytic converter merupakan komponen paling penting dalam kendaraan untuk mengendalikan emisi gas buang," jelas Dr.Benjamin mengenai rancangannya.
sarahEO is offline   Reply With Quote
Sponsored Links