View Single Post
Old 5th January 2015, 09:41 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Jangan Beli Emas, Lebih Baik Nabung di Bank




Perdana Menteri Narendra Modi akhirnya angkat bicara soal turunnya harga emas di pasar internasional. Dia mengingatkan rakyatnya agar menginvestasikan uangnya di bank ketimbang memborong emas.

Meski dianggap sebagai investasi yang tidak produktif, menabung dinilai lebih aman daripada membeli emas yang harganya terus merosot. Imbauan ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, laporan World Gold Council beberapa waktu lalu menyebut India sebagai konsumen emas terbesar di dunia.

Modi mengungkapkan sebenarnya warga India memiliki kebiasaan yang baik dalam hal tabungan, namun kebiasaan ini telah dialihkan ke emas dari waktu ke waktu. Orang-orang membeli emas karena secara psikologis mereka merasa aman.

Tantangan bagi bank adalah untuk meyakinkan orang-orang bahwa rekening bank akan menjamin kemudahan akses ke tabungan mereka bila diperlukan,"kata Modi.


Impor emas telah menyebabkan terjadinya defisit transaksi berjalan India meningkat menjadi 2,1 persen dari PDB selama periode Juli-September 2014. Harga yang lebih rendah dan prospek pertumbuhan ekonomi yang lebih baik mendorong permintaan emas di India.

Total permintaan emas India berjumlah 225 ton pada kuartal III 2014. Jumlah tersebut mengalahkan pembelian emas di China dan Taiwan seberat 194,1 ton pada periode yang sama. Secara keseluruhan, permintaan emas India meningkat 60 persen menjadi 182,9 ton selama tiga bulan hingga September.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links