View Single Post
Old 6th January 2015, 11:09 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Aturan Pemerintah Tak Tegas Bikin Orang Kaya Konsumsi Elpiji 3 Kg




Pemerintah dinilai belum tegas menetapkan pengguna elpiji bersubsidi 3 Kilo gram (Kg), sehingga banyak kalangan mampu mengkonsumsi elpiji tersebut.

Pengamat Kebijakan Energi, Sofyano Zakaria mengatakan, masyarakat pengguna elpiji non subsidi tabung 12 Kg akan beralih ke elpiji 3 Kg usai kenaikan harga elpiji 12 Kg. Hal itu terjadi karena belum ada ketegasan yang tertuang di Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Liquified Petroleum Gas. Dalam peraturan ini tidak menyatakan pihak dan kegiatan yang berhak mengunakan elpiji subsidi 3 Kg.

"Ini bisa terjadi karena abu- abunya Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang elpiji," kata Sofyano, di Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Menurut Sofyano, pemerintah harus menyadari konsumsi elpiji bersubsidi 3 Kg yang mencapai sekitar 5 juta ton per tahun, sedangkan konsumsi elpiji non subsidi yang hanya 1,27 juta ton per tahun, bisa dijadikan indikasi banyak kelas menengah dan sebagian kelas atas beralih gunakan elpiji 3 Kg. "Karena memang Peraturan tentang Penggunaan. Dan penggunaan nya yang sangat tidak jelas," tutur Sofyano.

Pemerintah diharapkan membuat regulasi yang jelas terkait pengguna elpiji 3kg. Dalam aturan tersebut harus tegas menyatakan pihak yang berhak menggunakan elpiji 3kg disertakan juga dengan sanksi jika ada yang melanggar.

"Harusnya hal ini menjadi perhatian Pemerintah dalam menentukan kuota elpiji termasuk kebijakan untuk menambah kuota," pungkasnya.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links