View Single Post
Old 8th January 2015, 11:50 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Tata Niaga Logistik Buruk Jadi Pemicu Inflasi




Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, penyebab tingginya angka inflasi yang terjadi selama ini bukan disebabkan oleh naik turunnya harga bahan bakar minyak (BBM), tetapi ada menyebab lain.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil menjelaskan, tinggi inflasi selama ini justru disebabkan buruknya tata niaga logistik. Sehingga, membuat para spekulan bermain harga.

"Saya tidak tahu, tapi di berbagai negara naik turun minyak yang tidak disubsidi tidak berpengaruh. Jadi harus meng-attack masalah inflasi. Siapa sih yang mainkan harga," kata dia di Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Dia mengatakan akan menggandeng Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk membenahi regulasi untuk memangkas rantai spekulan.

"Ini kami libatkan KPPU, benahi regulasi dan untuk orang yang impor sampi cuma 500, misalnya dapatnya 1.000 ini harus di blacklist," paparnya.

Selain itu, untuk menekan laju inflasi pihaknya akan memperbaiki tarif transportasi. Dia mengatakan, pemerintah akan menentukan tarif batas atas dan bawah sehingga harga komoditas juga turut terjaga.

"Pemerintah akan tetapkan tarif batas atas dan batas bawah harus main di situ. Kalau naik, berlaku harga atas, kalo turun tarif bawah. Jadi stabilitas ekonomi terjaga. Perlu diketahui, Indonesia bandel sekali inflasi, paling rendah 4 persen, yang ekonominya yang sebaik kita negara lain, inflasinya lebih rendah, Filiphina," tandas dia.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links