View Single Post
Old 8th January 2015, 01:25 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Penyebab Harga Sembako Tak Kunjung Turun Sesuaikan BBM

Quote:
JAKARTA - Pemerintah resmi mengumumkan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di kisaran Rp7.600 per liter per 1 Januari 2015. Namun, penurunan tersebut tidak diikuti dengan penurunan harga barang dan jasa di Indonesia. Terbukti di pasaran harga bahan pokok masih tetap tinggi. Apa sebabnya?

Menurut Direktur Eksekutive Lembaga Kajian Jokowinomic Arief Poyuono ada beberapa penyebab mengapa harga barang dan jasa tak kunjung turun mengikuti penurunan harga BBM.

"Distributor dan retail masih harus menghabiskan stok barang yang diproduksi saat harga BBM belum diturunkan oleh pemerintah. Hal ini normal karena mereka tentu saja tidak mau rugi besar," kata dia yang dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (8/1/2015).

Sementara itu, untuk di sektor industri, banyak yang melakukan hedging terhadap bahan baku saat harga minyak dunia melambung tinggi di tahun 2014 dan biaya operasional yang tinggi. Akibatnya mempengaruhi harga pokok produksi yang cukup tinggi dan harga jual yang tinggi. Sehingga penurunan harga BBM oleh Jokowi tidak berpengaruh terhadap harga barang dan jasa di pasar.


Selain itu, nilai kurs dolar Amerika yang terus meroket juga menjadi faktor mengapa harga bahan pokok tetap bertahan di harga tinggi.

"Kurs rupiah yang terus melemah terhadap semua mata uang asing khususnya dolar Amerika, dolar Singapura, yuan , yen dan euro, lebih disebabkan ketakutan pasar akibat besaran utang Indonesia yang diciptakan SBY sebesar Rp2.890 triliun yang sudah mendekati batasan utang yang ditentukan sebagai dasar penentuan besaran APBN," kata dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links