View Single Post
Old 9th January 2015, 12:36 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default 61 Ribu Koperasi Bakal Dibubarkan Januari Ini




Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan membekukan 61 ribu koperasi yang tidak lagi aktif. Pembekuan tersebut akan dilakukan pada akhir bulan ini. Koperasi-koperasi ini kebanyakan berbentuk koperasi simpan pinjam yang berada di Pulau Jawa.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga mengatakan, dari data yang dimiliki, jumlah koperasi yang terdaftar sebanyak 206 ribu koperasi dan yang tersebar diseluruh Indonesia.

"Kami punya data yg ada, 206 ribu koperasi. Kemudian dari jumlah tersebut, 30 persennya tidak aktif, kira-kira jumlahnya 61 ribu. Nah kami akan mulai pendataan," ujarnya di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (9/1/2014).

Sebagai tindaklanjut pembekuan ini, Kementerian Koperasi dan UKM sudah menyurati koperasi-koperasi tersebut. Jika tidak ada tanggapan, maka koperasi tersebut dianggap sudah tidak aktif dan akan dibekukan.

"Kami sudah suratin semua yang tidak aktif ini. 61 ribu itu baik yang nasional, provinsi, atau kabupaten. Kalau tidak ada respon tentunya akan segera kami bekukan. Mungkin Akhir bulan Januari. Untuk pendataan, jadi tidak membuat koperasi kayak sekarang tinggal papan nama," lanjutnya.

Setelah dibekukan, koperasi-koperasi tersebut nantinya akan dibubarkan. Dan untuk pembubaran ini, pihaknya akan membentuk tim agar tidak terjadi masalah usai kopersi tersebut dibubarkan.

"Pembekuan dulu, setelah itu baru pembubaran. Tentunya koperasi simpan pinjam di daerah Jawa. Nanti itu urusannya dari kelembagaan akan membuat tim penyelesaian yang menyangkut hal teknis pembubaran," tandasnya.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links