View Single Post
Old 9th January 2015, 02:10 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Setoran Dividen BUMN Perbankan Tidak bisa Rp0

Quote:
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil menyambut baik pemangkasan setoran dividen BUMN. Pemangkasan lebih banyak pada sektor perbankan dibandingkan dengan sektor lainnya.
Namun, pemangkasan ini pada dasarnya tidak akan sampai Rp0 alias dihapus, hal ini dikarenakan rata-rata BUMN perbankan sudah menjadi perusahaan terbuka.

"Ide itu bagus, cuma tidak sampai Rp0, karena perusahaan publik masih juga ada pemegang saham publik harus ada sebagian dividen dibayar walaupun itu 10 persen," ucap Sofyan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/1/2015).


Sofyan menambahkan, dengan besarnya setoran dividen BUMN perbankan yang dipangkas, tentu akan membuat pertumbuhan di sektor perbankan akan lebih baik. Terlebih lagi guna persiapan menghadapi MEA untuk sektor perbankan pada tahun 2020.

"Saya setuju benar supaya bank itu tumbuh cepat dan bisa meningkatkan pemberian kredit jadi kalau bisa bank ambil rule of tumb 10 tahun ini 10 persen saja, itu bagus sekali, tambah equity perbankan cukup besar untuk ekspansi kredit, bagus sekali," papar Sofyan.

Kendati demikian, rencana ini masih belum diakomodir di dalam APBN-Perubahan 2015 karena masih harus menunggu persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Untuk APBN-P 2015 ini belum tapi saya pikir untuk tahun depan, Rp0 pun masih kurang tepat karena saham pemegang publik masih harapkan, karena ada dana pensiun segala macam yang harapkan dapat dividen, walaupun secara teori dibayarkan dividen atau tidak, enggak ada apa-apa, cuma capital gainnya meningkat, secara teori berbeda," imbuhnya.

Sekedar informasi, pemerintah akan memangkas setoran dividen para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekira Rp9 triliun pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015.

Dalam pembahasan RAPBN 2015 tahun lalu, pemerintah dan DPR sepakat mematok target setoran dividen BUMN sebesar Rp43,73 triliun. Namun Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan, setoran itu akan diturunkan sebesar Rp1,5 triliun menjadi Rp42,23 triliun.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links