View Single Post
Old 13th January 2015, 07:30 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Destroyer Pertama Dalam Negeri India


Destroyer pertama buatan dalam negeri India, P15A, Kolkata Class telah menyelesaikan delivery acceptance trials (DAT) / ujicoba laut bulan lalu dan diserahterimakan kepada Angkatan Laut India, pada 10 Juli 2014.

Destroyer ini segera aktif di jajaran Angkatan Laut India, diperkirakan akhir bulan ini diresmikan oleh Menteri Pertahanan India, Arun Jaitley, di Mumbai.

Selama menempuh ujicoba DAT bulan lalu, satu rudal jelajah supersonic Brahmos, ditembakkan dari destroyer Kolkata Class ini, pada 9 Juli 2014 di pantai Karwar. Destroyer P15A akan membawa 16 rudal Brahmos dalam konfigurasi launcher Vertikal (VLS).

Kolkata Class berhasil melalui berbagai kendala, yang seharusnya diluncurkan pada tahun 2010, namun terkendala urusan teknis, termasuk persoalan konstruksi dan level kebisingan kapal saat beroperasi. Semua persoalan itu akhirnya dapat diatasi dalam 3 tahun terakhir. Tewasnya seorang Angkatan Laut dalam insiden di bulan Maret 2014, menambah panjang lika liku pembuatan Destroyer ini.

Kini, setelah Destroyer P15A berhasil melalui uji coba laut, berarti destroyer buatan dalam negeri India, siap sepenuhnya untuk beroperasi.

Untuk tahap awal, India berencana membuat 3 Destroyer Kolkata Class. INS Kolkata beroperasi tahun 2014, INS Kochi tahun 2015 dan INS Chennai, dalam waktu yang akan ditetapkan.

Sejumlah pengamat menilai destroyer Kolkata Class memiliki kemampuan stealth dan menjadi destroyer stealth pertama di Asia.
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links