View Single Post
Old 15th January 2015, 11:15 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 15 Jan 2015
Userid: 3135
Posts: 4
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Pemerhati Pendidikan: Kondisi Guru di Indonesia Tidak Baik

Jakarta, Pemerhati Pendidikan, Abduh Zen mengatakan, guru-guru di Indonesia sedang menghadapi permasalahan. Hal itu terkait dengan penghentian sementara Kurikulum 2013.

"Guru kita dalam masalah, dan sekarang kondisi guru di Indonesia tidak baik," ujar Zen dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Menteng, Jakarta, Sabtu (13/12/2014).

Menurut Zen, di hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) dan Uji Kompetensi Guru (UKG) para guru di bawah rata-rata. Karena itu dia menyebut, kondisi ini memprihatinkan. "Coba Anda bayangkan akan sukar jika guru kita dalam kondisi seperti ini," lanjut Zen.

Guna mengubah kondisi ini, Zen mengimbau agar pemerintah melakukan pembaruan. Antara lain dengan memberikan pelatihan kepada para guru yakni pelatihan yang benar-benar efektif untuk menghadapi situasi-situasi tak terduga, seperti penghentian sementara Kurikulum 2013.

Zen mengungkapkan, masalah lain yang dihadapi para guru Indonesia yakni soal motivasi yang tidak benar-benar menyentuh ke dalam diri mereka.

"Motivasi tidak menyentuh aspek batin guru. Ini mesti disuntikan virus motivasi ke dalam guru-guru kita, sehingga mereka menyempurnakan profesinya," ujar Zen. (Sun)



Sumber

Menurut agan-aganwati sekalian bagaimana? Pantaskah kondisi guru seperti ini?
__________________
Ruangguru.com menyediakan guru privat, les, dan kursus pelajaran dan keahlian yang dapat datang ke rumah Anda.
dewi52 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links