View Single Post
Old 15th January 2015, 11:34 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 13 Jan 2014
Userid: 1717
Posts: 22
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Penukar Panas atau Heat Exchanger



Heat Exchanger (HE)

Alat penukar panas atau Heat Exchanger (HE) adalah alat yang digunakan untuk memindahkan panas dari sistem ke sistem lain tanpa perpindahan massa dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Biasanya, medium pemanas dipakai adalah air yang dipanaskan sebagai fluida panas dan air biasa sebagai air pendingin (cooling water). Penukar panas dirancang sebisa mungkin agar perpindahan panas antar fluida dapat berlangsung secara efisien. Pertukaran panas terjadi karena adanya kontak, baik antara fluida terdapat dinding yang memisahkannya maupun keduanya bercampur langsung (direct contact). Penukar panas sangat luas dipakai dalam industri seperti kilang minyak, pabrik kimia maupun petrokimia, industri gas alam, refrigerasi, pembangkit listrik. Salah satu contoh sederhana dari alat penukar panas adalah radiator mobil di mana cairan pendingin memindahkan panas mesin ke udara sekitar.



Prinsip Heat Exchanger

Panas adalah salah satu bentuk energi yang dapat dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain, tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan sama sekali. Dalam suatu proses, panas dapat mengakibatkan terjadinya kenaikan suhu suatu zat dan atau perubahan tekanan, reaksi kimia dan kelistrikan.
Proses terjadinya perpindahan panas dapat dilakukan secara langsung, yaitu fluida yang panas akan bercampur secara langsung dengan fluida dingin tanpa adanya pemisah dan secara tidak langsung, yaitu bila diantara fluida panas dan fluida dingin tidak berhubungan langsung tetapi dipisahkan oleh sekat-sekat pemisah.

Pada Dasarnya prinsip kerja dari alat penukar kalor yaitu memindahkan panas dari dua fluida pada temperatur berbeda di mana transfer panas dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.
  1. Secara kontak langsung
    Panas yang dipindahkan antara fluida panas dan dinginmelalui permukaan kontak langsung berarti tidak ada dinding antara kedua fluida. Transfer panas yang terjadi yaitu melalui interfase / penghubung antara kedua fluida.
  2. Secara kontak tak langsung
    Perpindahan panas terjadi antara fluida panas dan dingin melalui dinding pemisah. Dalam sistem ini, kedua fluida akan mengalir.


Jenis – jenis Heat Exchanger

  1. Penukar panas pipa rangkap (double pipe heat exchanger )
  2. Penukar panas cangkang dan buluh ( shell and tube heat exchanger )
  3. Penukar Panas Plate and Frame ( plate and frame heat exchanger )
  4. SDAdiabatic wheel heat exchanger
  5. Pillow plate heat exchanger
  6. Dynamic scraped surface heat exchanger
  7. Phase-change heat exchanger
__________________
We have special order products such as heat exchanger, ice bank, water chiller, and etc. It can made by requests and can be customized to meet your needs.

Last edited by maserba; 15th January 2015 at 11:55 AM..
maserba is offline   Reply With Quote
Sponsored Links