View Single Post
Old 18th January 2015, 08:19 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tips Amankan Keuangan Rumah Tangga Pasangan Muda

Quote:
JAKARTA - Ketika pasangan muda sudah memutuskan untuk menikah, berarti mereka juga harus membuat pola perencanaan keuangan yang berbeda dari ketika mereka masih berstatus single. Dengan begitu, pasangan muda haruslah kompak dalam menentukan investasi.
Namun, banyak dari pasangan muda yang tidak tahu langkah awal apa yang harus diambil setelah menikah. Banyak pasangan muda yang malah mementingkan untuk membeli aset bersifat kenyamanan dan gaya hidup, seperti kendaraan dan aksesoris.

Padahal, kebutuhan yang paling utama dari pasangan yang baru saja menikah tentu saja adalah hunian. Oleh karena itu berinvestasi rumah merupakan suatu keharusan.

Perencana Keuangan Eko Hendarto pasutri baru disarankan untuk mengejar aset rumah terlebih dahulu. Selain sebagai tempat tinggal, rumah merupakan aset yang tidak tergerus inflasi.

"Usahakan untuk membeli aset rumah dulu, karena itu aset yang nilainya selalu meningkat cukup tinggi dibanding inflasi. Setelah itu baru pikirkan kenyamanan seperti mobil dan lain-lain. Tapi yang paling utama properti," ujarnya kepada Okezone.

Selain itu, Eko juga menyarankan untuk mulai menentukan siapa yang akan menangani manajemen keuangan. Apakah sang istri ataukah ditangani keduanya. Karena pasangan suami juga merupakan partner dalam membangun kerajaan kecil.

"Kalau istri, istri harus memberi tahu suaminya apa saja yang harus disiapkan oleh suaminya. Jadi suami juga tahu berapa uang yang dibutuhkan untuk dicari. Mungkin bisa dengan mencari pasukan tambahan," tukasnya.

Apapun pola yang diambil, lanjutnya, yang jelas pola keuangan harus diprioritaskan untuk kemajuan keluarga. Baik istri maupun suami, keduanya bertanggung jawab untuk melakukan investasi di berbagai hal, seperti pendidikan anak yang layak.

"Harus dibuat prioritas, harus ada porsi untuk membayar utang jika ada, lalu investasi, proteksi keluarga, baru terakhir untuk konsumsi," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links