View Single Post
Old 19th January 2015, 07:29 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tips Aman Belanja di Luar Negeri dengan Kartu Kredit

Quote:
JAKARTA - Zaman sekarang semakin banyak orang yang jatuh cinta pada kartu kredit. Ini bukan hanya disebabkan oleh kemudahan yang ditawarkan, namun juga karena kartu kredit memudahkan banyak hal yang sulit dilakukan terutama jika berurusan dengan jual beli internasional.

Dengan menggunakan kartu kredit, beberapa hal bisa menjadi mudah terutama jika ingin berbelanja di luar negeri. Namun, dengan segala kemudahan tersebut bukan berarti sebagai pengguna tidak waspada. Banyak hal-hal yang juga harus kita mengerti dan waspadai saat melakukan transaksi di luar negeri agar tidak kebobolan. Berikut tipsnya.

Menurut Ketua Lembaga Riset Keamanan Sistem Informasi CISSReC Pratama Persadha, pengguna kartu kredit harus jeli melihat merchant-merchant yang meragukan alias abal-abal. Ini bertujuan agar tidak merugikan Anda jika terjadi sesuatu.

"Anda harus hati-hati kalau belanja di merchant-merchant yang kayaknya meragukan. Pastikan belanja ke tempat yang tepercaya kalau memang mau menggunakan kartu kredit. Tapi kadang merchant-nya sudah benar tapi personilnya enggak benar. Anda harus tetap waspada," kata dia saat berkunjung ke redaksi Okezone di Jakarta.

Kedua, Anda harus jeli memperhatikan alat penggesek kartu yang digunakan oleh merchant tempat Anda berbelanja. Anda harus waspada jika alat yang digunakannya berbeda dengan edisi yang biasa.

"Biasanya kalau alatnya beda, mereka pakai alat sendiri. Digesek dulu ke alatnya dia, baru kartu kita," tambahnya.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Pratama menyarankan agar masyarakat menggunakan kartu kredit yang dilengkapi dengan chip. Karena, kartu kredit yang menggunakan chip jauh lebih susah dibobol dibanding kartu kredit magnetik. Kartu kredit menggunakan chip tersebut membutuhkan program khusus untuk membobolnya.

Dan yang terakhir adalah perhatikan jika si pemilik toko menggesekkan kartu kredit jika lebih dari sekali. Jika memang lebih dari sekali, Anda berhak untuk melihat last record transaksinya.

"Kadang menggesek dua kali itu terjadi jika gagal dan diakibatkan karena jaringan. Tapi Anda tetap harus teliti. Minta saja pemilik toko tersebut untuk memperlihatkan transaksi terakhir sebagai antisipasi," ujar dia.

Kartu kredit memang merupakan alat pembayaran yang efisien. Kartu kredit juga bisa menjadi sahabat di mana saja dan kapan saja. Yang penting, sebagai pengguna kartu kredit tahu bagaimana menggunakannya dengan bertanggung jawab dan waspada. Meski ada di negeri orang, hidup bisa terasa lebih mudah ketika kita menggunakan kartu kredit.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links