View Single Post
Old 19th January 2015, 07:33 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Belanja Online di Luar Negeri? Perhatikan Hal Berikut

Quote:
JAKARTA - Seiring dengan berkembangnya jaringan internet, bisnis e-commerce pun kian menjamur. Tidak hanya permintaan belanja toko online lokal yang meningkat, tapi belanja online ke luar negeri pun juga ikut meningkat.

Berbagai kemudahan pun diberikan untuk menjaring para konsumen shopaholic ini. Namun, menjamurnya bisnis ini tidak dibarengi dengan perlindungan yang diberikan terhadap konsumen. Akibatnya, banyak konsumen belanja online yang dirugikan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda simak agar tidak tertipu saat berbelanja atau bertransaksi secara online. Apa saja?

"E-commerce memang tengah berkembang di Indonesia. Pertama, jika memang mau berbelanja online diluar negeri memang yang paling aman saat ini adalah pakai alat pembayaran elektronik, paypal," kata Ketua Lembaga Riset Keamanan Sistem Informasi CISSReC Pratama Persadha saat berkunjung ke redaksi Okezone di Jakarta.

Menurut dia, Paypal sementara ini lebih aman karena Paypal sangat melindungi konsumennya dengan mekanisme refund dan klaim. Sehingga, jika ada transaksi aneh yang dirasa oleh konsumennya, jika terbukti si konsumen tidak melakukan transaksi tersebut, Paypal bersedia memberikan refund. Namun sayangnya tidak semua merchant yang ada di dunia mau menggunakan Paypal. Untuk menyiasatinya, konsumen dituntut jeli memilih toko online.

"Kedua, kalau merchant tersebut maunya bayar pakai kartu kredit, liat dulu transaksinya harus ada SSL (sertifikat digital), https, dan linknya dia. Https itu cek apa websitenya, apa sertifikatnya, pastikan sesuai dengan alamat websitenya. Kalau tidak sesuai ya jangan beli disana," kata dia.

Ketiga, konsumen juga harus mengecek testimoni yang diberikan oleh konsumen sebelumnya. Testimoni merupakan bukti nyata kalau merchant tersebut memang benar-benar terpercaya. Terakhir, waspadai online shop yang menggunakan pihak ketiga sebagai sebagai tempat pembayaran.

"Misalnya kita belanja di situs online A, pas mau check out bayarnya mesti ke C, pihak ketiga ini yang kita tidak tahu," tutup dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links